Minggu, 20 Maret 2016

7 Cara Menemukan Ide Menulis dari Kegiatan Sehari-hari

Adakah teman-teman yang ingin menulis, tapi tak tahu harus menulis apa, harus mulai dari mana?

Pagi ini aku iseng melihat statistik postingan terpopuler di websiteku. Ternyata tulisan-tulisan  paling populer yang paling banyak dibaca pengunjung website adalah tulisan yang bersumber dari ide-ide sederhana, yang berasal dari kegiatan sehari-hari atau kegiatan yang sering dilakukan.


Berikut ini caraku mendapat ide menulis :


1. Memasak.

Aku kan emak-emak dasteran.  Apalagi dong kerjaannya kalo tidak masak. Jadi saat masak, aku potret bahan-bahannya, prosesnya atau langkah-langkah memasak, sampai masakannya jadi, ditata cantik di piring saji. Nah... Gak perlu cari ide, tinggal tulis resepnya saja, kan sudah sering dilakukan.



Tidak perlu masak yang sulit-sulit atau masakan paling canggih, lho. Di website-ku postingan terpopuler adalah "Resep Bakso Sehat Ala Iwed". Sudah dibaca 109.000-an pengunjung website dan di share lebih dari 30.344 orang. Lalu ada lagi " Resep PempekNasi" yang sudah dibaca 14.500-an pengunjung. Ternyata hal remeh begini dianggap hal yang menarik bagi orang lain.

2. Review wisata kuliner.




Aku baik sendiri, bersama teman, atau bersama keluarga suka mencicip makan di resto-resto baru, atau resto lama yang unik. Nah, pengalaman makan itu biasanya aku tulis. Isi tulisan tentang suasana tempat makan, rasa masakannya, service atau mutu pelayanan dan harga makanannya. Tulisan tentang hal ini termasuk yang populer di websiteku, karena sering dijadikan referensi orang-orang untuk memilih rumah makan.

3. Travelling dan touring.


Aku lumayan sering jalan-jalan. Kadang jalan-jalan bersama teman, keluarga, atau jalan bersama suami touring naik motor ke tempat-tempat indah. Pengalaman jalan-jalan ini aku tulis, dan banyak memperoleh perhatian pengunjung website, terutama bila tempat yang dikunjungi sangat indah, atau berada di negeri yang jauh.

4. Interaksi dengan keluarga.



Ini terjadi setiap hari kan? Maka lahirlah tulisan tentang hal-hal baik yang bisa diambil dari keluarga. Misalnya, bagaimana aku merayu anak-anak supaya tak malas sekolah, sharing tips menjaga kemesraan dengan suami, kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan untuk mempererat ikatan cinta dengan pasangan, sharing tips berinvestasi yang aku dapat dari Ibu mertua, dan lain-lain.

5. Interaksi dengan teman dan orang-orang.


Nah, ini juga terjadi setiap hari. Aku bisa menulis tentang pengalaman sahabat-sahabatku menuju sukses, indahnyasilaturrahmi, manfaat berkumpul dengan orang-orang yang "berkualitas", bahkan interaksiku dengan para haters pun bisa menghasilkan postingan populer di websiteku. Ternyata banyak orang yang merasa terganggu dengan haters akhir-akhir ini hingga mencari referensi cara menghadapi the haters.

6. Peristiwa alam yang ditemui sehari-hari.


Aku tinggal di Bogor, hampir tiap hari hujan . Lalu hujan membuat aku menulis tentang romantismenya, kenangan-kenangan yang menyertai turunnya hujan. Atau pada saat hujan, ide-ide menulis sering mengalir deras. Tinggal ditulis saja apa yang paling menarik yang terlintas saat itu.

7. Membongkar kenangan masa lalu.


Ada hal-hal kecil yang menjadi pemicu mengingat masa lalu. Misalnya tiap kali aku makan bubur ayam atau melihat buah salak, aku selalu teringat almarhum Papiku. Dari kenangan tentangnya, aku tulis hal-hal indah yang diajarkannya, atau peristiwa berkesan bersamanya.

Demikian juga dengan peristiwa lain di masa lalu bisa dimunculkan kembali dengan melihat-lihat koleksi foto lama. Aku bisa menulis pengalaman berkesan saat kuliah, saat sekolah di SMP, SMA, atau pun kehidupan masa kecilku di rumah kakek.

Masih bingung mau menulis apa?

21 komentar:

Reza Andrian mengatakan...

Terkadang masih bingung mau menulis apa. Sekalinya punya ide belum tentu langsung di pake nulis. Soalnya aku kalau nulis tergantung sama suasana moodku saat itu. Kalau udah gak mood biasanya gak dulu. Esoknya, lupa mau nulis apa. Ide kemarin hilang. Bingung lagi mau nulis apaan. Huhuhu

Molly mengatakan...

Ide ada aja di kepala, cuma kadang pas dituangkan dalam bentuk tulisan hasilnya kurang greget. Mungkin kudu lebih sering latihan ya mba ;)

turiscantik.com mengatakan...

Ide kadang bnyak tapi motivasi buat nulis yg kdng susah apalagi kl lagi ngak mood hehhehe makasih tips nya mak :)

rita asmaraningsih mengatakan...

Ide menulis bisa datang dari mana saja ya Mba.. Yang paling mudah adalah berdasarkan pengalaman yang kota lakoni sehari2..

Tira Soekardi mengatakan...

betul banyak ide di sekitar kita ya

Juliana Dewi mengatakan...

@Reza Andrian : kalo dapat ide catat dulu, bisa di notes atau di HP. Pas ada waktu dan mood bagus bisa dieksekusi :-)

Juliana Dewi mengatakan...

@Molly : yanv penting tulis dulu, kalo dirasa kurang greget, simpan saja dulu tulisannya.istirahat, refreshing. Nanti bakal dapat ide buat membikin tulisannya jadi greget. Hehe

Juliana Dewi mengatakan...

@turiscantik : mood penting banget ya.. Berarti harus tau cara membangkitkan mood juga

Juliana Dewi mengatakan...

@rita asmaraningsih : apa yg sungguh2 kita alami akan menghasilkan tulisan yg berjiwa.. Cie..cieee :-)

Juliana Dewi mengatakan...

@Tira Soekardi : iya, gak usah jauh2 cari ide :-)

Ratna Dewi mengatakan...

Aku sering banget nih mati ide, kadang sampai bingung nulis apa ya yang ringan tapi tetep disukai orang. Tfs mbak.

Juliana Dewi mengatakan...

@Ratna Dewi : sama2 Mbak...

herva yulyanti mengatakan...

Halo Mbak Juli, makasih sarannya kalau saya pribadi biasanya dari lingkungan bekerja itu yang saya jadiin tulisan hehehe.

Pakde Cholik mengatakan...

Ide memang ada di mana-mana, di sekitar kita. Tak perlu mencari di atas langit atau di bawah samudera. Tinggal kepekaan kita untuk menangkapnya
Terima kasih tipsnya yang bermanfaat
Salam hangat dari Jombang

Masper mengatakan...

Jadi intinya Ide menulis bisa dari mana saja, ya.

budiono mengatakan...

luar biasa tipsnya. salam kenal dari Surabaya :)

kalo saya, biasanya ketika terlintas di kepala sebuah ide, langsung saya catat di note hp. pas mau nulis dan kehabisan ide, tinggal buka aja notes itu :)

Aisyah As-Salafiyah mengatakan...

aih Masya Allah, ternyata sebenarnya banyak ya ide buat menulis di sekitar kita, biasanya aku cuma nulis kalau ada sesuatu yang berkesan gitu kak, hehe..
Oya salam kenal kak Iwed.. :)

nova violita mengatakan...

pengen sih..nulis masak.. tapi tambah bikin gado-gado..he2

Rhodoy mengatakan...

Menemukan ide nulis juga buka hal yang mudah karna ada kalanya kita krisis ide. Tapi saya biasanya ide menulis itu muncul dari sebuah keresahan terhadap sesuatu. Termasuk ketika lagi resah karena ga ada ide nulispun bisa menjadi goresan pena.

Fubuki Aida mengatakan...

Woww... Banyak sekali mb viewernya. Joss

Nefertite Fatriyanti mengatakan...

Ide akan datang dengan sendirinya, jika kita banyak mengambil pelajaran dari keseharian kita mba