Sabtu, 06 Februari 2016

Resep Bakso Sehat ala Iwed


Bakso adalah jajanan yang paling umum digemari anak-anak dan orang dewasa. Dengan maraknya berita tentang bakso yang menggunakan berbagai bahan berbahaya seperti borax, formalin dan zat additive lainnya, aku jadi was-was kalau anak-anak jajan bakso di luar.


Sebagai emak-emak, aku  selalu ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga. Karena itu aku mencoba membuat sendiri bakso yang enak, sehat dan aman dikonsumsi.  Setelah beberapa kali membuat bakso, akhirnya aku menemukan formulasi yang aku anggap pas untuk memenuhi selera anak-anakku.
Berikut ini bahan dan cara membuat bakso ala aku :


Bahan :




0.5 kg daging sapi, potong-potong kecil, lalu haluskan dengan chopper.
0,5 kg daging dada ayam, potong-potong kecil, haluskan dengan chopper


1 buah putih telur ayam
Garam 1 sendok makan
Merica halus 1 sendok makan
Bawang putih yang dihaluskan 1 sendok makan (kira-kira 6 siung bawang putih)
Gula pasir setengah sendok makan


Soda kue setengah sendok teh (guna soda kue untuk memperbaiki tekstur bakso)


Bubuk agar-agar setengah bungkus (supaya bakso mengandung serat, menambah kekenyalan bakso)
Penyedap secukupnya



Sagu atau tepung tapioka 100 gram

Cara :
1.       Rebus air di panci. Bila sudah mendidih matikan apinya.


2.       Campur daging ayam dan daging sapi, letakan di baskom


3.       Masukkan garam, gula pasir, putih telur, bawang putih, merica halus, penyedap atau bubuk bawang goreng, soda kue,  dan bubuk agar-agar.


4.       Gunakan sarung tangan plastik.


5.       Uleni adonan hingga rata.


6.       Masukkan sagu.


7.       Uleni lagi hingga kalis.



8.       Bentuk adonan dengan cara diremas dengan jari, tekan hingga adonan keluar lewat sela-sela jari telunjuk hingga berbentuk bulat.


9.       Basahi sendok, lalu  ambil adonan dengan sendok langsung masukkan ke dalam air panas di dalam panci.

10.   Lakukan sampai seluruh adonan habis.Untuk variasi  bakso bisa di isi telur puyuh, telur ayam,   urat sapi, keju, cabe rawit dan lain-lain sesuai selera. Bentuk dengan cara “membungkus” isi  dengan adonan bakso. Supaya tidak lengket, basahi  sarung tangan plastik dengan air.


11.   Setelah semua adonan dibentuk dan dimasukkan ke dalam panci berisi air panas, nyalakan api. Rebus bakso sampai mengambang dan matang.


12.    Sajikan bakso dengan pelengkapnya seperti mie kuning atau bihun. Taburi dengan daun bawang, dan bawang goreng. Bila suka bisa ditambahkan kecap, saus tomat dan sambal.

Selamat mencoba!


99 komentar:

rita asmaraningsih mengatakan...

Ini namanya makanan sehat ya Mba.. baksonya dibikin sendiri jadinya terjamin kebersihannya..

Ila Rizky mengatakan...

enaknya makan bakso bikinan sendiri. halal dan sehat ya, mba.

Meutia rahmah mengatakan...

Bakso bikinan sendiri enak ya mba, mau nyobain resep ini deh

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Mbaaa, makasih resepnyaaa. Pas lagi butuh resep bakso nih. Ada beberapa resep yang makai bahan-bahan yang nggak familiar buat aku. Ini bahannya mudah di dapat nih :). Makasihhh yaa

ahliah citra mengatakan...

Wah dobel Ya daging da n ayam juga. Mantab

Juliana Dewi mengatakan...

@rita asmaraningsih : iya Mbak, sehat, bersih, aman.

Juliana Dewi mengatakan...

@Ila Rizky : betul Mbak

Juliana Dewi mengatakan...

@Meutia rahmah : selamat mencoba ya

Juliana Dewi mengatakan...

@Rach Alida Bahaweres : siiip.. Selamat mencoba semoga sukses :-)

Juliana Dewi mengatakan...

@ahliah citra : iya.. Tekstur daging ayam bikin jadi kenyal baksonya

ira guslina mengatakan...

Terima kasih infonya mba. Resepnya berguna bgt nih. Pas mau bikin bakso pas nemi ini..

Lina Astuti mengatakan...

hm.. pas bgt nih saya kadang khawatir makan bakso diluaran. kalau buat sendiri bisa lebih aman dan gak khawatir lagi

Juliana Dewi mengatakan...

@ira guslina : sama2 Mbak Ira.. Semoga bermanfaat

Juliana Dewi mengatakan...

@Lina Astuti :iya, sekarang kudu cari cara paling aman.. Hehe

Lily Widjaja Sinaga mengatakan...

Sudah beberapa kali mencoba bikin bakso, gagal melulu mba hehe. Ini resepnya jelas banget, nanti aku coba ah :)

Glowlicious.Me | A Beauty Escape Playground

Juliana Dewi mengatakan...

@Lily Widjaya Sinaga : selamat mencoba. Semoga kali ini sukses yaa...

wian mengatakan...

Thanks Mba sharing resepnya. Harus dicoba nih. Terutama untuk anak-anak, supaya bebas dari MSG..

Juliana Dewi mengatakan...

@wian : selamat mencoba ya

Vita wirapraja mengatakan...

Duh jadi pengen makan baksoo.. Tanggung jawaab nih mak iwed.. Hehehe

Nanti nyoba bikin ah.. Makasi resepnyaa mak :)

Nefertite Fatriyanti mengatakan...

tahu nggak mba, kalo lihat masakan enak, bagus dan aku doyan, itu selalu kepengin bikin sendiri. Tapi, tapi kok jarang yang bisa kelaksana, hihihi, aku malas ta

bunda jahari saputra mengatakan...

Bunda ijin share ya...trimakasih resep nya...

Meta Maftuhah mengatakan...

Mbak Wied,top banget resepnya. Saya coba ya.

ratna setyawati mengatakan...

Waaaah harus dicoba nih. Trims mba resepnya

mas Aik mengatakan...

Maturnuwun resepnya ya bun. Mo nyobain

Dewie Miftzien mengatakan...

Mba juliana,,,tuk kuah bakso'y,mba juliana pakai bumbu apa???mksh

Ayunin Jafar mengatakan...

Keluargaku termasuk pecinta basooo... ahay... sep banget dech, siap2 dipraktekin. Makasih sharingnya ya Maak..

nastiti anggraini mengatakan...

Mb,share juga dunk bikin kuahnya gimana? Apa cukup dg air rebusan baksonya?soalnya pas di penjual bakso gitu kan kerasa banget kuahnya daging...

Unknown mengatakan...

Mau nanya bu, apakah daging yg dipakai boleh memakai daging yang sudah dibekukan ?

Unknown mengatakan...

maaf bunda mau tanya kalo daging ayam aja tanpa daging sapi seberapa takaran.a bunda??

diah alsa mengatakan...

Jadi pengen buat juga ah nanti, noted dulu. Thanks yah Mbak.:)

Lidia christine mengatakan...

Wah pengin coba juga nih....makasih mbak buat resepnya

Siti Khasanah Rofik mengatakan...

mbk fungsi agar2 untuk apa

Lilin Nurtjahjani mengatakan...

Utk disimpan di kulkas bisa ya mba ? Makasih resep nyaa

Unknown mengatakan...

mbak, klo mau dibekukan hrs direbus dulu baru msk freezer atau abis dibentuk2 bs lgs msk freezer?

lasminar malau mengatakan...

Mba klo gak pake soda kue apk bisa??

ummu aliya mengatakan...

Makasih sharing resep nya mbak...
Jadi pengin nyoba, selama ini bikin sering gagal ��

diar asia mengatakan...

wah makasih resepnya. Saya lebih suka bikin daripada beli, soalnya kalau beli kan yang enak itu mahal sedangkan yang murah belum tentu sehat.

Vie agustina mengatakan...

Mau coba juga.. makasih mba resepnya.. anaku suka bakso.. resepnya mudah dipahami..

Lidia Dachi mengatakan...

Mba terima kasih ya resepnya.. Ga sabar mau nyoba, krn uda bbrp kali nyoba resep lain gagal 😞. Saran sy utk kuah basonya pakai tulang iga sapi, gula dan garam, biasanya sy buat spt itu. Smoga kali ini berhasil buat basonya.terima kasih sekali lg ya Mba..😊

bouken shi mengatakan...

makasih post nya mbak

catalea arifin mengatakan...

By the way kl air dingin atau es gunanya dlm mmbuat bakso apa ya mba? Dr info lain yg saya baca pake es segala. Terima kasih sebelumnya

Ayub Rudini mengatakan...

Besok beli dagingnya dulu deh... semoga resepnya bisa berhasil dan kalo berhasil bisa buat menu arisan ortu bulan depan.. lumayan daripada beli belum tentu enak
tq ya bunda cantiq...

Muliady Firdaus mengatakan...

Kalau unt kuahnya gmana?
Bisa diganti dg ikan ngga?

Masta Umar mengatakan...

Makasih bunda resepnya...sehat nh buat ank2

Juliana Dewi mengatakan...

@Vita wipraja : selamat mencoba

Juliana Dewi mengatakan...

@Neferitie Fatriyanti : ya udah beli aja baksonya Mbak.. Hehe..gak repot bikin

Juliana Dewi mengatakan...

@bunda jahari saputra : silakan di share

Juliana Dewi mengatakan...

@Meta Maftutah : silakan dicoba

Juliana Dewi mengatakan...

@ratna setyawati : sama2

Juliana Dewi mengatakan...

@Muliady Firdaus : kuahnya kasih bumbu lada bawang putih, sedikit pala, masukan tulang kaki sapi biar sedap. Diganti ikan? Aku belum pernah bikin bakso ikan.

Juliana Dewi mengatakan...

@Dewie Miftzein : pake tulang kaki sapi dibumbui lada, bawang putih, pala.

Juliana Dewi mengatakan...

@nastiti anggraini : pake tulang kaki sapi, yg ada sum-sumnya.

Juliana Dewi mengatakan...

Boleh. Aku pernah pakai, hasilnya tetap bagus

Juliana Dewi mengatakan...

@Ayunin Jafar : sama2

Juliana Dewi mengatakan...

Aku beum pernah coba pakai daging ayam saja

Juliana Dewi mengatakan...

Harus direbus dulu baru masuk freezer

Juliana Dewi mengatakan...

Supaya bakso mengandung serat dan lebih kenyal

Juliana Dewi mengatakan...

Bisa, tapi tekstur baksonya akan kurang bagus

Juliana Dewi mengatakan...

Wah, kurang tau. Saya gak pake es di resep ini

Juliana Dewi mengatakan...

Bisa. Sama2

Juliana Leo mengatakan...

Mbak..bole tau agar agar supaya apa ya? Tq.

Ida Reni mengatakan...

mkasih ya resepnya

AikeDimasAlexa mengatakan...

Saya akan coba hari ini Mba. Thx bgt ya Mba. Udara disini pas bgt lg dingin2nya. Kami tinggal di NZ Mba. Jd butuh yg anget2 ♡♡

Jarwadi mengatakan...

tulisannya memang keren dan banyak dibutuhkan orang. jadi wajar ya kalau menjadi viral :)

btw baso buatan sendiri jauh lebih mahal dibandingkan kalau beli bosa. tapi dm kesehatan kita layak membayar lebih untuk yg kita konsumsi

Juliana Dewi mengatakan...

@AikeDimasAlexa : selamat mencoba :-)

Juliana Dewi mengatakan...

@Jarwadi : terimakasih sudah mampir

Rizki Nizam Rizki Nizam mengatakan...

Bunda kl kita beli daging giling dr supermarket itu cara mencuci nya gimana yaa..?

Rizki Nizam Rizki Nizam mengatakan...

Bunda cara mencuci daging yg sdh digiling yg kita beli di supermarket bagaimana yaa?

Juliana Dewi mengatakan...

@Rizki Nizam Rizki Nizam : kalau beli yang sudah digiling ya nggak perlu dicuci dagingnya

nani djabar mengatakan...

Thx ya mbak...pengen nyoba...sblmnya prnh nyoba tp gak kenyal krn gk pake soda dan agar2... :)

Ratna Puspita Sari mengatakan...

Mau coba buat akh mba . . Klo dah jadi di taruh di frezeer kuat brp lama ya mba ? ?

Ratna Puspita Sari mengatakan...

Mau coba buat akh mba . . Klo dah jadi di taruh di frezeer kuat brp lama ya mba ? ?

Juliana Dewi mengatakan...

2 bulan juga tahan kok Mbak@Ratna Puspita Sari

arinkirei mengatakan...

Mbak aku udah coba enak banget lho tekturnya kenyal makasih byk Sharing resepnya ya

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah...Terimakasih mbk...akhirnya...aku dpet resep yg pas..n slma ini aku cari...Halal,higines, sehat,...beneran mama mia lezatos.....Ajieebbb...sip..!!

Hafiya Shop mengatakan...

mbak ini diaduknya tambah air dingin lagi/ air es ?

Juliana Dewi mengatakan...

@arinkirei : Alhamdulillah..ikutan senang

Juliana Dewi mengatakan...

@Hafiya Shop : nggak.

Unknown mengatakan...

Ijin share ya mba..
Mksh

Unknown mengatakan...

Ijin share ya mba..
Mksh

Nico Indonesia mengatakan...

Tdk usah pakai Soda kue boleh Mbak ?
Ini Kan zat kimia juga

IRA IWAS mengatakan...

Mbak, di resep td kan ditambah penyedap atw bubuk bawang goreng. Bs ga ya mb bubuk bwg goreng diganti dgn bawang goreng??

Caturguna mengatakan...

Segeraaaa beli bahaann. Mbaa tapi kalau pake daging giling supermarket hasilnya sama ga

Anonim mengatakan...

Kuahnya dari air rebusan bakso tadi?

Anonim mengatakan...

Kalau nggak pakai daging ayam bisa gak mbak? Soalnya gak mkn ayam

tongat mengatakan...

bacaanmalamku.blogspot.com buat renungan hati

andyhardiyanti mengatakan...

Kemana aja saya baru baca tulisan ini :D Sip sip, bookmark dulu. Kalau lowong, langsung dieksekusi hehehe

Juliana Dewi mengatakan...

@Caturguna :pake daging giling supermarket bagus juga hasilnya

Juliana Dewi mengatakan...

@IRA IWAS : ya bisa, lha bubuk bawang goreng kan dibuat dari bawang goreng yg ditumbuk halus

Riska Rahayu mengatakan...

Seneng banget bisa dapet resep bakso yang meyakinkan kayak gini. Btw chopper bisa digantiin dengan blender nggak? salam kenal ya buat mbak Iwed, eh, Dewi, eh, sama aja ya :D

Dika kurnia N mengatakan...

memang enak terasa kerenyes2 karna pake agar itu kali ya.makasih
resepnya



evta farhana mengatakan...

mba ini jadinya berapa pcs ya baksonya? kali aja bisa di jadiin bisnis hehehe

Ernawati Lilys mengatakan...

makasi ya mba infonya keren dan saya mau coba :)

Unknown mengatakan...

Klo blh ksh saran kurangi merica bubuknya jd 1/2 sendok makan ja..
Tq

Ike Marsela mengatakan...

Klo blh ksh saran kurangi merica bubuknya jd 1/2 sendok makan ja..
Tq

aufiz mengatakan...

Mbak dagingnya dichopper atau pake blender high speed
ya.. yang merk hakasima ya? boleh tahu beli di mana mbak?

Nonton film gratis mengatakan...

Ternyata gak sulit yaa buat bakso hehehe thanks resep nya :D

Download/Watch The Finest Hours (2016)

Mesin Pembuat Bakso mengatakan...

@aufiz: kami menyediakan alat yang anda cari, silahkan kunjungi www.rumahmesin.com

PIM IV 162 mengatakan...

Izin share ya mba. Terima kasih