Minggu, 12 Oktober 2014

Resep Pempek Nasi


Punya sisa nasi? Jangan dibuang! Manfaatkan untuk membuat  cemilan pempek nasi. Karena pempek ini tidak memakai ikan, sebaiknya untuk isi gunakan yang mengandung protein, misalnya telur, sosis, atau tumisan ebi dicampur parutan pepaya muda.

Berikut ini resepnya :

-          350 gr nasi putih
-          400 cc air
-          300 gram terigu
-          satu sendok makan garam halus
-          ¾ sendok makan gula pasir
-          2 siung bawang putih dihaluskan
-          bubuk penyedap secukupnya
-          lada halus secukupnya
-          telur satu butir
-          minyak goreng 75 ml
-          200 gr sagu tani (bisa kurang atau bisa lebih, sesuai dengan tekstur adonan yang ideal)


Cara :

1.     Masukkan nasi, air, garam, bawang putih, gula, penyedap, lada dan terigu ke dalam panci.  Masak sambil diaduk-aduk dengan spatula hingga tercampur rata dan adonan lengket menyatu. Matikan api.

2.     Masukkan minyak goreng, aduk. Masukkan telur, aduk lagi hingga tercampur rata. Tunggu hingga adonan dingin.

3.      Masukkan sagu tani sedikit demi sedikit hingga adonan tidak terlalu lembek tapi masih agak lengket.



4.      Olesi telapak tangan dengan sagu tani agar adonan tidak lengket di tangan. Ambil satu sendok makan  adonan.



5.      Bentuk adonan seperti pada foto berikut ini



6.      Lubangi adonan dengan jari telunjuk




7.      Isi dengan telur, setengahnya saja jangan sampai penuh



8.      Tutup dan bentuk menjadi pempek telur kecil



9.      Rebus hingga mengambang di air mendidih yang dicampur 1 sdm  minyak goreng.



10.  Angkat pempek, dan tiriskan. Bisa langsung dimakan atau di goreng lebih dulu. Hidangkan dengan Cuka


Bahan Cuka Pempek :
-          500 gr gula aren/ gula batok
-          70  gr cabe rawit di belnder
-          100 gr bawang putih dihaluskan
-          50 gr gula pasir
-          50 gr garam
-          750 ml air
-          Asam jawa secukupnya
-          2 sdm kecap manis

Cara membuat Cuka :

-         Rebus air dengan gula aren, masukkan garam, asam jawa, gula pasir,kecap manis. Setelah gula larut terakhir masukkan cabe dan bawang putih. Masak hingga mendidih. Lalu saring cuka. Tunggu hingga dingin dan simpan dalam wadah tertutup. Untuk disimpan jangka panjang masukkan ke lemari es.

Selamat mencoba!



11 komentar:

Nunu mengatakan...

Mbak jadi pengen bikin

sari widiarti mengatakan...

Kreatif ^_^

Tatit mengatakan...

Waah makasih resepnya , kebetulan sering banget punya sisa nasi.

indah nuria Savitri mengatakan...

boleeeh bangeeet nih dicoba...belum pernah yang pake nasi, biasanya yang sagu et tepung aja :)..TFS mba..

ika koentjoro mengatakan...

Wah, penasaran pengen coba resepnya mbak

Tri Wahyu Handayani mengatakan...

trims resepnya... :)

Ratna mengatakan...

pake acara banting-banting-an adonan segala ga ? Dulu pernah coba bikin alhamdulillah gagal, jadinya keras, abis itu kapok, beli jadi aja deh, hehehehe....

Nunung yuni A mengatakan...

Rasanya seperti apa ya mbak? kayak puli nasi gitu ya?

Dini mengatakan...

jadi inget dulu waktu merntqupunya temen orang palembang. Kalo lg homesick suka bikin pempek dari nasi :p
Makasih resepnya yaa Mbak! :)

Niaz kosmetik mengatakan...

Cocok buat sisa nasinya neh

diar asia mengatakan...

kalau pakai nasi ketan pernah coba nggak? Soalnya pempek pak raden kan ada krispinya gitu. Barangkali pempek nasi bisa krispi juga