Selasa, 23 Desember 2014

Bogor Color N Run


Dua anak gadisku mendadak heboh merengek-rengek ingin ikut sebuah even acara lari 5 km. Lho kok tumben? Mereka biasanya tak gemar lari-lari.

“Ini seru, Ma! Lari ramai-ramai sama kawan-kawan terus disemprot bubuk warna-warni sampai belepotan. Mau ikut ya, Ma. Please...! “ Rengek Anin.

“Iya, Ma. Dea juga mau ikut. Seruu! “ Dea tak mau kalah.

Gaung promosi yang gencar dilaksanakan di sekolah-sekolah tampaknya sudah menjangkiti anak-anakku karena melihat teman-temannya berbondong-bondong mendaftar. Tetanggaku pun ikut antusias menanyakan cara pembelian tiket acara ini.

Bogor Color N Run, sebuah even lari  5 kilometer  yang menjadi ajang seru-seruan bersama teman-teman dan keluarga diselenggarakan dalam rangka  menyambut ulang tahun wahana hiburan  “ Jungle Fest” yang pertama.

Even ini bukan seperti lomba lari pada umumnya yang terikat penghitungan waktu tercepat, tapi lebih sebagai sarana bersenang-senang. Lemparan holi powder yang berwarna-warni di setiap kilo meter dengan tema yang berbeda-beda  menambah hebohnya suasana.

Color Run awalnya dilaksanakan oleh produser acara Travis Snyder dengan tujuan mendorong para profesional dan pemula berlari bersama-sama sambil bersenang-senang. Acara ini pertama kali diadakan di bulan Januari 2012 di Phoenix, Arizona dengan jumlah peserta 6.000 orang.

Lalu acara ini merambat bagaikan virus ke lebih dari 50 kota di Ameriak Utara. Total peserta yang berpartisipasi sejumlah 600.000 orang. Acara ini menjadi event berlari sepanjang 5 kilometer yang terbesar di Amerika Serikat. Di tahun 2013 acara ini diadakan lebih dari 130 kota di Amerika Serikat, Amerika Selatan, Australia dan Eropa dan kini telah merambah ke  Jakarta bahkan ke Bogor.

Beberapa kompetisi yang diadakan dalam event Bogor Color N Run ini adalah :
  • Best Selfie
  • Best Photo
  • Best Oufit
  • The Biggest participant School
  • The Biggest participant Group
Demam Selfie

Dengan uang pendaftaran seharga Rp. 120. 000,-  bagi pelajar dan Rp. 150.000,-untuk umum para peserta mendapat  fasilitas :
  • T-shirt
  • Gelang kertas
  • Kacamata
  • Holi powder pack
  • Nomer lari dada
  • Tiket masuk Jungle Fest
Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan boy band RAN dan Midnignt Quickie.
Penampilan RAN

Pagi itu, 21 Desember 2014, sebelum jam 6.00  Anin dan Dea sudah bersiap-siap. Mereka memakai kaus seragam yang dibagikan panitia. Dua anak gadisku tampak antusias. Mereka minta diantar ke area Jungle Fest untuk bergabung bersama teman-temannya.

Antrian kendaraan tampak memadati area sekitar Jungle Fest yang terletak di kawasan Bogor Nirwana Residence. Berbondong-bondong remaja, anak-anak, ibu dan bapak berjalan beriringan menuju satu titik keramaian.

Dalam acara ini  4000 peserta  mulai berlari dengan berpakaian  t-shirt putih bertuliskan Bogor Color N Run melewati  “stasiun” demi “stasiun” dengan tema yang berbeda-beda. Di setiap stasiun, peserta akan disemprot dengan bubuk warna-warni. 






Kemeriahan acara ini tampak jelas ketika rombongan melewati jalan utama di depan cluster rumahku. Teriakan-teriakan girang terdengar ketika holi powder warna-warni dihamburkan oleh panitia pada para peserta. Sontak  warna rambut, wajah dan tubuh peserta berubah  merah, biru, kuning, hijau dan campuran warna lainnya.






Demam selfie dimana-mana. Itulah yang terlihat dari gerombolan remaja-remaja ceria yang terus bergaya dengan camera dan tongsisnya. Mereka tak bosan-bosan menjepretkan camera ponsel maupun camera pocket mengabadikan tampang mereka yang berwarna-warni.

Senang juga melihat bagaimana warna-warna ceria menghidupkan suasana dan keramaian di lingkungan tempat tinggalku.









Tidak ada komentar: