Kamis, 02 Februari 2017

Cerita Rasa Karena Rasa Punya Cerita


Rempah iting, sebuah resto di kawasan Jl. Sunda no. 7 Menteng dekat Sarinah Thamrin melayangkan undangan untuk peluncuran produk baru berupa nasi box yang dinamai “Cerita Rasa”. Biasanya,  kalau aku dapat undangan peluncuran menu baru dari caffe atau rumah makan, aku memberlakukan  banyak pertimbangan untuk hadir di acara itu.  


Namun kali ini berbeda. Pengalamanku beberapa saat  lalu ketika makan  di resto ini,  terbukti membuat lidah dan indera penciuman hanyut dalam lezatnya rasa serta aroma eksotisme rempah Indonesia. Masakan ala Rempah Iting sudah berhasil membuat aku dan anak-anak jatuh cinta  lagi pada masakan Indonesia. Mengingat bagaimana lezatnya masakan ala Rempah Iting, aku penasaran ingin hadir dan mencicipi “Cerita Rasa”. 


Resto Rempah Iting terletak di dekat kawasan perkantoran. Selama ini pengunjung  terbanyak yang menikmati sajiannya adalah pegawai kantor, pengusaha, atau orang-orang yang bekerja di seputaran Jakarta Pusat. Waktu istirahat terbatas, panas Jakarta yang menyengat ditambah kemacetan di sana-sini membuat orang enggan  pergi ke luar kantor untuk makan.   Rempah Iting meluncurkan nasi box paket delivery “Cerita Rasa” untuk memudahkan konsumen memenuhi selera makan dengan cara praktis dan pilihan rasa beragam.

Tanggal 18 Januari 2017,  launching Cerita Rasa dibuka oleh Mbak Ranty Purnamasari, salah satu  pemilik Rempah Iting. Wajah Mbak Ranty tampak familiar, tak lain karena dia kerap muncul di layar TV, membintangi sinetron “Tukang Ojek Pengkolan” dan beberapa FTV. 



“Saya, Mbak  Yuli, Mbak Lala dan Mbak Rizka berpikir bahwa makanan adalah kebutuhan yang tak ada habisnya. Setiap hari ketika bangun pagi, orang-orang berpikir akan kemana, melakukan apa, mau pakai baju apa hari ini. Maka begitu juga dengan urusan makan. Orang-orang berpikir hari ini mau makan apa.  Kalau bisa makan pagi, makan siang dan malam dengan menu yang berbeda-beda. Semua orang mencari pilihan menu makanan.  Berangkat dari situ, kami menampilkan satu lagi pilihan yang bisa dinikmati oleh teman-teman pecinta kuliner. “

Wajah Mbak Ranty tampak segar berseri-seri. Dia  menebar senyum kepada tamu-tamu yang hadir kemudian melanjutkan bicara.


“Ciri khas kami, adalah rempah.  Kami mengetengahkan rempah, bukan  karena rasanya saja,  namun rempah juga membuat aroma masakan menjadi istimewa, dan rempah pun bermanfaat buat menjaga kesehatan. Sajian kami berbeda dengan yang lain. Kami menampilkan kekayaan rempah Indonesia dengan racikan yang sempurna dalam satu kotak. Namanya Cerita Rasa, karena rasa punya cerita.” Ujar Mbak Ranty.



Cerita Rasa adalah paket nasi box dengan  5 pilihan rasa. Nama-nama paketnya pun unik, mencirikan masakan Indonesia.  Nasi box ini memang berbeda dengan nasi box biasa. Baru kali ini aku makan nasi box dengan menu yang sangat banyak dalam satu kotak. Bayangkan, ada 9 macam makanan dalam satu kotak untuk membuai dan memanjakan lidah. Sembilan! Bukan main. 

 Berikut ini ulasanku satu persatu tentang 5 Cerita Rasa ala Rempah Iting.

1. Ayam Chindaga

Namanya unik ya? Chindaga itu artinya pandan wangi. Daun pandan  memberi warna hijau, rasa  dan aroma wangi sedap pada nasi. Tambahan bumbu lainnya menciptakan rasa gurih dan tekstur butir nasi yang pulen. 



Di kotak itu terdapat berbagai lauk dan pauk dan pelengkap. Ada ayam goreng berlumur cabe hijau yang bumbunya meresap dalam daging. Rasa pedas cabe hijau tak menyengat,terasa pas menonjolkan cita rasa daging ayam.   Lalu ada ikan cakalang dimasak dengan bumbu pedas yang makin membuat selera makan meningkat. Selain itu ada sambal goreng tempe kacang. Tempe dan kacangnya   garing, manis dan gurih rasanya. Ada buncis jagung muda  dimasak dengan bumbu kuning. Lalu kering kentang, kerupuk dan sambal bawang. Nah , sambal bawang ini istimewa. Aroma bawangnya membuat nafsu makan meningkat. Rasa pedasnya pas, bikin lidah ketagihan.

2. Kari Palinda

Menu andalan nasi box kari palinda adalah ayam yang  dimasak dengan bumbu kari. Tekstur daging ayamnya lembut. Daging ayam berlumur bumbu  berwarna kuning, terasa gurih. Perpaduan bumbu, rempah dan santan dengan racikan seimbang menjadi keistimewaan kari palinda. 



Selain nasi putih, pelengkap lainnya adalah telur balado, sambal goreng kentang, sambal kacang teri medan, gulai daun singkong, serundeng, sambal tauco dan kerupuk. Sambal tauco-nya istimewa.  Aroma khas tauco dengan rasa  asin dan asam seperti “berjodoh “ dengan aneka lauk dan nasi putihnya.

3. Daging Palarasa


Begitu membuka tutup box, langsung tercium aroma daun jeruk yang segar. Kalau mencium bau ini saat perut lapar, bisa dibayangkan betapa lahapnya  menyantap makanan ini.  Menu andalan nasi box daging palarasa adalah daging sapi yang disuwir dan dibumbui. Namanya daging sisir sedep. Rempah dan bumbunya makin menguatkan cita rasa daging yang lembut. Cocok sekali dimakan dengan nasi beraroma daun jeruk. Lauk lainnya yang menjadi pelengkap adalah ayam bakar bumbu rujak, sayur terong balado, kering kentang, perkedel jagung, serundeng, sambal bawang dan kerupuk.  Sayur terong balado terlihat unik, karena terong-nya digoreng dengan lumuran tepung, lalu ditumis dengan bumbu balado sehingga bumbu terasa kuat dan rasa meresap sempurna.

4. Cakalang Boja



Menu ini tersedia untuk para penggemar ikan. Ikan cakalang   berdaging lembut, gempal,  gurih dimasak dengan bumbu balado pedas. Cakalang pedas  dimakan dengan nasi putih membuat lidah terlena. Pelengkap lainnya ada krecek tahu daging, bihun, remet nangka, telur asin, paru goreng gurih manis, sambal korek dan kerupuk. Wuiih… bikin lidah memproduksi air liur lebih banyak karena nikmatnya.

5. Ayam Serundai



Serundai artinya enak. Memang sesuai dengan namanya, nasi box ini mengandalkan ayam goreng kalasan yang lezat lengkap dengan nasi kuning langsat, sambal goreng hati, kering kentang, bola-bola tahu, sambal terasi dan kerupuk. Satu lagi pelengkap yang istimewa adalah urap. Sayur-sayuran dibumbui parutan kelapa dan kencur yang beraroma khas sungguh membangkitkan nafsu makan.

Harganya bagaimana? Satu paket nasi box bisa dibawa pulang atau dibawa ke kantor dengan harga Rp.33.000,-. Harga itu cukup murah mengingat begitu banyak aneka masakan dalam satu kotaknya. Cerita rasa jauh lebih variatif dalam hal “menceritakan aneka rasa”  kalau dibandingkan dengan menu fast food di gerai-gerai makanan. 

Dari segi rasa nasi box ini jelas lebih “nendang” dengan keunggulan bumbu dan rempah andalan Chef Rempah Iting.  Belum lagi kalau ditinjau dari kandungan gizi bagi kesehatan.  Menu nasi box ini lengkap. Ada kandungan karbohidrat, sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat, lauk  yang kaya protein, manfaat rempah dan bumbu tradisional plus pelengkap kerupuk dan sambal yang membangkitkan semangat makan. 

Aku merekomendasikan nasi box cerita rasa untuk menemani makan siang atau acara-acara gathering yang membutuhkan hidangan  praktis namun tetap memperhatikan kebutuhan akan makanan sehat, menu beragam, rasa dan aroma rempah yang lezat, dan harga terjangkau. 


5 komentar:

Lia Lathifa mengatakan...

waw harga segitu dptnya macem2, asik bgt ya..

hmm benar-benar jadi laper nih mbak :-)

Ikrom Zayn mengatakan...

eh iya, ada yang mbak di FTV-FTV itu.
lengkap banget menunya mbak,
ada nasi kuning juga

rumah warna mengatakan...

wawwww,... enak banget nih sepertinya... jadi pengen.. hehehe

Adenita mengatakan...

Lagi nyari2 info tentang resto ini buat bahan tulisan, nemu blog mbak. Makasih ya mbak....

Amanda ratih mengatakan...

Uniiiik banget unyuuuuk, kuliner nusantara disajikan dalam box. Suatu saat kudu mampir ^^