Senin, 25 Januari 2016

Farmers Market, Pasar Tradisional ala Amerika di Jantung Los Angeles


 Los Angeles dengan segala daya tariknya menyuguhkan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi.    Mbak Gari kali ini mengajak aku dan Indriya mengunjungi pasar tradisional Amerika. Namanya Farmers Market. Letaknya di pusat kota tepatnya di 6333 W. 3rd St. Los Angeles California 90036. 



Farmers Market awalnya adalah peternakan sapi yang dimiliki oleh keluarga AF Gilmore pada 1880. Properti milik keluarga Gilmore itu kemudian  terus berkembang . Pada tahun 1934,  Fred Beck & Roger Dahl Hjelm ingin membangun sebuah desa di mana petani bisa menjual hasil pertanian dan peternakan mereka. EB. Gilmore, putra AF Gilmore mengizinkan para petani berjualan di propertinya dengan cara memarkir truk mereka dan menggelar dagangan.




Pada bulan Oktober 1934, hanya beberapa bulan setelah dibuka, para petani, pedagang, pengusaha restoran, penyedia layanan jasa menempati warung permanen di lokasi itu. Kemudian nama  Farmers Market  menjadi sangat populer sehingga pendirinya menggelar perayaan festival musim gugur pertama di Farmers Market. Hingga kini, keberadaan pasar tradisional dengan segala tradisinya masih  tetap terjaga. Tempat ini masih menjadi lokasi favorite warga Los Angeles untuk berbelanja bahan makanan sehari-hari.



Tempat ini buka  hari Senin sampai Jumat pukul 9  sampai pukul  21. Hari Sabtu pukul 9 sampai  pukul 20. Hari Minggu pukul 10 sampai  pukul 19.

Bagaimana suasana pasar tradisional ini? Bersih, nyaman, dan tertata rapi.  Ada lebih dari 100 toko bahan makanan, kebutuhan sehari-hari  dan restaurant di tempat ini. Produk bahan makanan dari berbagai brand  antara lain  Farmers Market Poultry, Huntington Meat and  Sausage, Tusquellas Sea Food, Farm Boy Produce,  Greenhouse dan lain-lain.   










Selain itu ada berbagai produk bakery dari Du-Par’s Pie Shop,  Normandie Bakery,  Short Cake, dan T&Y Baker. Ada juga aneka makanan ringan, aneka bumbu, hingga  berbagai minuman.





Mau wisata kuliner di sini? Jangan khawatir. Ada banyak pilihan resto. Resto masakan Amerika misalnya  Bryan’s Pit Barbecue, Magee’s Kitchen, Du-Par’s Restaurant, Fritzi Dog, Marmalade Caffe dan lain-lain. Resto masakan Asia ada China Depot, Peking Kitchen, Sushi A Go Go dan Singapore’s Banana Leaf. Mau masakan Timur Tengah? Ada lho di Moishe’s Restaurant, The Village dan Ulysses Voyage.  Selain itu ada juga resto Perancis, Italia, Mexico dan Spanyol.



Produk pakaian ada  meskipun tak banyak, misalnya Zara. Lalu ada perlengkapan rumah tangga By Candlelight,  Cost Plus World Market dan Sur La Table.

Toko buku ada lho di sini,  Farmers Market Newsstand dan Taschen. Lalu ada toko mainan anak Kip’s Toyland dan Sticker Planet.



Asyik sekali berkeliling di tempat ini.  Aku sempat membeli pernak-pernik souvenir untuk oleh-oleh. Ada gantungan kunci, tempelan kulkas, piring, mug, t-shirt, kartu pos dan lain-lain. Harganya lebih murah daripada di tempat lain!


Jangan ragu memasukkan Farmers Markets ke dalam itinerary anda saat berkunjung ke Los Angeles ya!

11 komentar:

Dian farida mengatakan...

Buahnya warna warni..qkira ga ada buah2an kayak gitu di AS. Terus kue manisnya bikin ngiler..sama pernak perniknya juga..untuk harga gimana mbak? Boleh nawar di sana?:)

Juliana Dewi mengatakan...

@Dian Farida : nggak tawar menawar Mbak, sudah ada tag harganya :-)

Muhammad Kamil Hakim mengatakan...

Wah..jd pengen bgt...tp kapan ya...abisnya jauh...

Muhammad Kamil Hakim mengatakan...

Wah..jd pengen bgt...tp kapan ya...abisnya jauh...

rizkimuhajar mengatakan...

2,5 tahun di UTAh, belum pernah mampir ke LA, padahal sebelum balik ke Depok sempet punya rencana ke sana, suka iri denger cerita dari teman2 LA yg gampang dapet masakan ala ASIA, di Utah?...saya harus driving 3,5 jam menuju ASIAN market hiks, tapi disyukuri aja..hehe

Juliana Dewi mengatakan...

@Muhammad Kamil Hakim : Insya Allah nanti bisa ke sana

Juliana Dewi mengatakan...

@rizkimuhajar : Alhamdulillah ya..punya pengalaman tinggal di negri orang :-)

Afifah Mazaya mengatakan...

Pasar tradisional rasa supermarket. Enak lihatnya. Bersih, teratur. :)

Juliana Dewi mengatakan...

@Afifah Mazaya : iya, suasananya bikin betah

Oka Nurlaila mengatakan...

Kalau urusan harga gimana mbak???

Mungkin suatu saat saya bisa berkesempatan kesini seperti mbam juliana dewi. Hehehe. Bisa-bisa saya kalap belanja dan makan enak disana XD hehe

Juliana Dewi mengatakan...

@Oka Nurlaila : harga ya lebih mahal kalo dibandingkan harga di Indonesia, tapi dibanding tempat lain di LA harga di sini lebih murah. :-)