Sabtu, 19 Juni 2021

KADO ULANG TAHUN IBU MERTUA

 Hari ini, 16 Juni 2021, Ibu mertuaku ulang tahun. Dari 2 minggu lalu dia sudah pesan kado ulang tahun. 

Ini benar-benar langka. Gak pernah dalam sejarah hidup, Ibu minta kado ulang tahun. Baru sekali ini. Dulu sering aku tanya, "Ibu mau kado apa? Perfume? Tas? Baju? Atau apa?" Tak pernah dia minta apapun. 




Nah.. sekali ini, secara khusus dia mau kado istimewa. Kadonya : Ibu mau si Akang Sutedja, menyanyikan lagu judulnya Kasih Ibu, yg duluuuu tahun 1960an dinyanyikan oleh Alfian, penyanyi ngetop idola Ibu, di masa itu.


Mendengar permintaan itu, Akang bilang,

"Neng, ini belum pernah terjadi, baru sekali ini seumur hidup, Ibu minta kado. Penting banget ini, jangan sampai gak terpenuhi permintaannya." 
Serius dia๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Lalu kami berdua browsing Youtube, mencari lagu yang dimaksud. Eh, ada. Langsung deh kami dengarkan.

Pertama dengar lagu ini, aku dan Akang ngikik gak berhenti, sambil garuk-garuk kepala. 

Sudahlah musik pengiringnya model band jadul "dung dung dangdang dungdungdung", ada backing vocal yg kedengeran lucuk, terus nada lagunya sungguh gak familiar di telinga. 

Ya soalnya lagu ini kayaknya gak ngetop seperti lagu-lagu Alfian lainnya semacam "Senja di Kaimana" , atau "Sebiduk di Sungai Musi"yang melegenda itu. 

"Waduh, gimana Neng๐Ÿ˜’.. bisa gak ya akang nyanyiinnya๐Ÿค”.." si Akang sangsi.

Ya, aku maklum sih. Secara Akang bukan penyanyi, dan dengan kemampuan nyanyinya yang sulit di definisikan๐Ÿ˜œ. Semacam powerful, sungguh powerful, seandainya saja Akang mampu membidik nada-nada dengan pitch yang tepat, pasti dia cocok jadi rocker. 

Hanya saja ya itu๐Ÿ˜…. Kadang, eh sering, dengan powernya yang full๐Ÿ˜…, bidikan nada Akang melenceng kemana-mana. Harusnya di nada D, tergelincir ke E minor, balik ke D lalu melipir seenak-enaknya ke A minor diminished (Ini sebenarnya ada gak sih nada ini?๐Ÿคช). Sungguh Kasihan yang mendengernya๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.

Tapi bailk lagi, karena ini permintaan wanita paling istimewa sedunia yang di telapak kakinya terdapat Surga, ya harus diupayakan semaksimal mungkin dong.. ye kaaan??๐Ÿ˜Ž

Jadi, sebagai istri kan aku juga harus bantuin dong, setidaknya menjadi support system yang memotivasi si Akang.

"Kang, Akang selama 2 minggu ini dengeriiin aja terus lagu ini. Catet syairnya, setel di mobil saat perjalanan ke kantor dan pulang ke rumah. Nanti pasti bisa ketularan kemampuan Bang Alfian nyanyi, meski jauh berbeda tapi adalah sedikit kecipratannya๐Ÿ˜…." Begitulah saranku.

Jadilah si Akang wara wiri Bogor Jakarta ditemenin Kasih Ibu Bang Alfian selama 2 minggu.

"Neng, Akang sudah nyari karaoke lagu ini. Gak ada, gak ketemu. Nah.. gimana Akang bisa rekaman kalo gak ada musiknya? Jadi Neng aja ya nanti iringin pake gitar. Terus kan ada backing vocalnya, nah neng juga yg nyanyiinnya ya."

Tuh kaan... kebagian tugas juga aku๐Ÿ˜

Berhubung lagunya jadul, maka petikan gitarnya pun ngikutin model jadul. Chord-nya sederhana saja, gak sulit.

Akhirnyaaa... tibalah malam sebelum ulang tahun ibu, yaitu tadi malam.

Kami berdua mengungsi ke rumah di cluster Arga, dimana disana sunyi, jauh dari teriakan ayam-ayam Akang, dan jauh pula dari tetangga. 

Dengan HP kami rekaman๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. 

Aku main gitar, Akang nyanyi, terus aku nyanyi di bagian backing vocal, terakhir ditutup dengan ucapan selamat ulangtahun buat Ibu.

Take 1. Kami dengerin hasilnya, lalu ngakak-ngakak๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Bener kaan..seperti perkiraanku, suara Akang kencang luar biasa, namun bidikan nadanya meliuk-liuk tak jelas arah. Kasihan ibu nanti, bahaya buat jantungnya๐Ÿ˜œ. Jadi rekamannya diulang lagi.

Take 2, take 3, take 4, take 5. Setiap ulang rekaman, selalu ada bagian yang direvisi. Break dulu, minum dulu karena suara Akang serak, dan jari-jariku sakit, kapalan akibat terlalu banyak menekan senar gitar๐Ÿ˜…

Dari 5 kali hasil rekaman, Akang akhirnya sadar bahwa dia harus menurunkan powernya๐Ÿ˜…. Suaranya dilembutkan, supaya kuping ibu gak sakit๐Ÿ˜…. Pasang state, dengan sepenuh penghayatan, lalu hati-hati membidik nada, kalau pun meleset jangan pula terlalu jauh. Supaya nanti Ibu tak bingung bertanya-tanya, ini sebenarnya lagu apa?๐Ÿค”๐Ÿคฃ

Akhirnyaaa.. take 7. Nah,rekaman ke 7 ini barulah si Akang puas. 
Gimana hasilnya? Ya lumayanlah. Kalau score Alfian 10, Akang dapat 6,5.deh..Lumayan kaan ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Setelah mendengar rekamannya, kami bisa bernafas legaaa.๐Ÿ˜๐Ÿ˜.. semoga Ibu suka dengan kado pesanannya, diupayakan dengan sungguh-sungguh, dinyanyikan dengan penuh cinta❤❤ oleh anak dan menantunya.

Selamat ulang tahun Ibu sayang๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜.. semoga sehat, hidup penuh keberkahan, bahagia di dunia dan surgaNya, Aamiin.. We love you Ibuu๐Ÿ˜๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ





Tidak ada komentar: