Selasa, 24 Juni 2014

Resep Mie Ayam Sehat


Sudah berhari-hari Dea, anakku yang nomor dua, meminta aku membuat mie ayam. Tapi berbagai kesibukan sebagai emak-emak rempong selalu menghalangiku memenuhi keinginannya.

“Mama kan tahu Dea  suka mie. Tapi Mama marah kalau Dea makan mie instan. Makanya, buat dong mie ayam sehat seperti dulu. Ayoklah, Ma...” Rengeknya
.
“Tapi Mama lagi ada urusan yang tidak bisa ditunda, Nak. Besok ya...”Rayuku

“Ma, sini Dea sajalah yang buat mie-nya. Mama kasih tahu caranya. Pokoknya hari ini Dea harus makan mie ayam home made!” Keinginan Dea kali ini tak dapat ditunda lagi.

Maka, mulailah Dea membuat mie ayam-nya. 

Bahan-bahannya sebagai berikut :

-          250 gram terigu Cakra Kembar
-          50 gram tepung sagu tani
-          50 cc minyak sayur ( Tapi Dea mengggantinya dengan minyak zaitun)
-          telor ayam 3 butir
-          garam 1 sdt

Semua bahan di campur, lalu diuleninya hingga padat dan kalis. Setelah itu didiamkan selama 15 menit.

Langkah selanjutnya, Dea menggiling adonan itu menggunakan noodle machine. Mula-mula ukuran yang dipakai adalah ukuran terbesar. Noodle machine yang kami miliki adalah merk OXONE, jadi ukuran  terbesar untuk menggiling dimulai dari no. 7. Diulanginya 2- 3 kali menggiling , hingga adonan padat dan tidak pecah atau berlubang-lubang. Selanjutnya, Dea memindahkan ukuran gilingan ke no 6. Setelah itu ke nomor 5, dan 4.






Setelah selesai menggiling dengan ukuran 4, adonan akan cukup tipis. Lalu, terakhir Dea menggiling lagi adonan dengan gilingan membentuk mie. Taraaa! Jadilah mie buatan  Dea. Dia menyimpan mie-nya diwadah tertutup.


Sementara itu, di dapur aku menyiapkan bahan-bahan pelengkap sebagai berikut :

Bahan Tumisan Ayam :

-          
-          1 sdm kecap asin
-          250 gram daging ayam, potong kecil.
-          150 gram jamur merang, potong-potong.
-          2 sdm minyak sayur untuk menumis
-          2 siung bawang putih, cincang halus
-          2 sdm saus tiram
-          1 sdm kecap asin
-          1 sdm kecap manis ½ sdt merica bubuk
-          1 sdt garam
       200 ml air

Cara membuat tumisan ayam :

Tumis bawang putih hingga wangi. Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna dan kaku. Masukkan jamur, aduk hingga layu. Masukkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, merica dan garam. Aduk rata. Tuang air, didihkan sebentar hingga kuah habis. Angkat.

Cara membuat minyak bawang putih:

Bawang putih digiling halus, lalu ditumis dengan sedikit lemak ayam dan minyak. Setelah wangi masukkan dalam wadah tertutup.
Untuk kuahnya sebagai berikut :
Rebus kaldu ayam, bawang putih, daun bawang, merica dan garam hingga mendidih lalu angkat, sajikan untuk kuah mie ayam.

Pelengkap:

-          4 batang sawi, potong-potong, rebus
-          2 sdm bawang merah goreng

Cara penyajian mie ayam :

Rebus mie yang selama 2-3 menit, angkat dan tiriskan.
Siapkan wadah berupa mangkuk, beri sedikit minyak bawang putih,   sedikit kecap manis dan kecap asin. Masukkan mie yang sudah direbus, aduk-aduk. Beri tumisan ayam diatasnya, taburi dengan  daun bawang  dan bawang goreng. Letakkan beberapa daun sawi . Sajikan dengan kuah kaldu yang dibumbui bawang putih, lada, minyak wijen, garam dan penyedap . Bila suka boleh juga diberi beberapa butir bakso.


Dea akhirnya puas, bisa menyantap mie ayam buatannya, tapi yang lebih girang adalah Rafif. Lihat saja ekspresi wajahnya saat menyantap mie ayam sehat buatan tetehnya!


14 komentar:

Ika Koentjoro mengatakan...

Aku punya alat seperti itu udah lama nggak dipakai. Kapan2 mau coba ah.

Dewi Sutedja mengatakan...

Ayok dicoba Mbak Ika Koentjoro...

isnuansa mengatakan...

Aaaakk, kompak ya Dea sama mamanya masak mie ayam sendiri. Dan adiknya yang bagian makan dengan gembira.. :D

Dina pertiwi mengatakan...

Makasih mba resepnya, jadi rekomendasi buat cemilan minggu ini nich. kebetulan dua2nya..ehh..semua dech doyan banget mie.

Vica Item mengatakan...

Hrs dibookmark nii. Tp bikinnya nunggu punya alatnya dulu deh ˆ⌣ˆh¡h¡h¡ ˆ⌣ˆ

Erlina Fitriani mengatakan...

makasih resepnya, mak:)

www.annafarida.com mengatakan...

Waaa Dea telaten sekali. Aku punya alatnya, entah di mana. Pernah dipakai bikin kue bawang doang. Mau bikin mi belum punya nyali :-D

Henny Indriati mengatakan...

Biar anak betah di rumah mmg mesti slalu ada kegiatan yg menyenangkan di rumah. Yg ibu lakukan cukup nice skalian nmbah ilmu n nmbah kehangatan.. He he..

Dewi Sutedja mengatakan...

hehehe... Dea menikmati proses memasak, Rafif menikmati hasilnya. cucok...terimakasih sudah mampir ke sini ya

Dewi Sutedja mengatakan...

Semoga bermanfaat ya...

Dewi Sutedja mengatakan...

Oke. Siiip! terimakasih sudah mampir ya

Dewi Sutedja mengatakan...

Sama2... semoga bermanfaat.

Dewi Sutedja mengatakan...

Lebih gampang bikin mie daripada kue bawang. suweeer... heeehee... Terimakasih sudah mampir Bu Guru

Dewi Sutedja mengatakan...

dan menambah berat badan....hehehe..terimakasih sudah berkunjung ke sini ya