Minggu, 13 Januari 2019

PERAN GURU BAGI MURIDNYA


Seri Tanya Jawab Enlightening Parenting bersama Okina Fitriani

Tanya : 

Saya seorang guru. Bagaimana peran yang harus saya jalankan untuk mendidik anak-anak murid saya. Apakah peran saya mirip peran ayah bagi murid-murid saya?

Jawab : 


Seorang guru itu perannya adalah INSPIRATOR bagi murid-muridnya. Bukan seperti ayah. Kalau Ayah kan boleh dating with daughter, untuk membangun kedekatan. Tapi guru laki-laki tidak dating dengan muridnya. Anak perempuan dating tetap dengan ayahnya, itu tidak tergantikan. Atau kalau tidak ada ayah, maka dengan ibunya.

Guru adalah inspirator bagi muridnya. Maka apa yang dilakukan? Guru harus hati-hati  dengan semua perilakunya, cara berjalan, cara berbicara, dijaga betul. Berfungsilah memberi nasehat sebagai inspirator.

Ingat Imam Syafei? Ketika akan belajar, sang Ibu berpesan pada Imam Syafei “Pelajari dulu adabnya, baru ilmunya.” Maka guru mengajari adab. Guru dalam bahasa Jawa itu digugu dan ditiru, adabnya duluan yang ditiru. Maka nasehat-nasehat “keayahan” guru laki-laki atau nasehat-nasehat”keibuan”guru perempuan, akan masuk cusss..... ke unconcious anak.

Tidak ada komentar: