Jumat, 15 Agustus 2014

Bergaul Akrab dengan Selebriti Dunia di Madame Tussauds Bangkok

Tom Cruise
Bertahun-tahun lalu saat pertama kali aku  membaca sebuah berita tentang museum Madame Tussauds, aku sudah penasaran ingin melihat sendiri karya seni patung lilin yang dipamerkan di sana.

Kabarnya, patung lilin di museum itu benar-benar mirip dengan tokoh aslinya, begitu detail dan serupa.  Patung lilin yang dipamerkan di museum itu terdiri dari tokoh-tokoh terkenal, seperti penyanyi, pemain musik, bintang film, tokoh-tokoh sejarah, keluarga kerajaan, tokoh-tokoh kriminal, atlet dan sebagainya.

 David Beckham

 Siapakah Madame Tussauds ? Marie Tussauds, sang pendiri museum ini, lahir  di Strasbourg , Prancis, tahun 1760 sebagai Marie Grosholtz. Ibunda Marie bekerja sebagai pembantu rumah tangga DR. Phillippe Curtius di Bern, Swiss. DR Phillippe Curtius adalah seorang dokter yang ahli dalam membuat pemodelan dari lilin. Dia lah yang  mengajari Marie seni membuat patung lilin.

Marie Tussauds pertama kali membuat model patung lilin manusia pada tahun 1777, yaitu patung  Voltaire. Tokoh terkenal lainnya yang pernah dijadikan model patung lilinnnya adalah Jean-Jacques Rousseau dan lain-lain.
Marie Tussauds
Tahun 1795, Marie menikah dengan Francois Tussaud. Sejak itu namanya dikenal dengan Madame Tussaud. Tahun 1835 dia membuka sebuah museum di Baker Street, London, untuk memamerkan karya-karyanya. Tempat itu disebut Baker Street Bazaar.

Saat ini museum Madame Tussauds dikelola oleh Merlin Entertainments dan telah memiliki cabang-cabang di Hollywood, Las Vegas, New York, Orlando, San Francisco, Amsterdam, Berlin Blackpool, Prague, Vienna, Sidney, Tokyo, Hongkong, Bangkok, Shanghai, Wuhan,dan Singapore.

Tahun 2011 saat mengunjungi Amsterdam,  keterbatasan waktu membuatku  harus memilih antara masuk  museum Madame Tussauds atau keluyuran menikmati suasana  Amsterdam. Waktu itu suasana sore yang cantik di kota Amsterdam lebih menggelitik minatku. Aku takut bila masuk museum akan lupa waktu karena terlalu asyik mengagumi karya seni patung lilin koleksi museum itu.

Tahun 2012 saat jalan-jalan ke Bangkok, barulah aku berkesempatan masuk ke museum Madame Tussauds. Museum di Bangkok ini diresmikan di akhir  tahun 2010.

Museum Madame Tussauds Bangkok berada di  gedung Siam Discovery Center lantai 6, 989 Rama I Road, Bangkok 10330, Thailand. Museum buka mulai jam 10.00 hingga 21.00. Harga tiket masuk untuk usia 11 tahun ke atas 800 Baht, untuk anak-anak (3-11 tahun) 600 Baht. Harga tiket  lebih murah bila dibeli secara online, yaitu 640 Baht dan 480 Baht. Info lebih lengkap dapat dilihat di website-nya madametussauds.com/bangkok/en/

Memasuki ruangan museum, para pengunjung bisa menyentuh, mengelus, memeluk dan berfoto bersama patung-patung yang dipamerkan. Ada kurang lebih 90 tokoh yang patung lilinnya di pamerkan di museum ini.

Tak lama setelah melewati pintu masuk, aku yang berkunjung  bersama teman-teman SMA-ku, Dolly, Nida dan Eyik bertemu dengan sosok presiden Soekarno.  Kami tak perduli dibilang norak ketika berteriak-teriak kesenangan. Tentu saja  tak kami lewatkan kesempatan berfoto dengan presiden pertama RI itu.

Bung Karno... Aku padamuuu...

Selain Soekarno, tokoh –tokoh lain yang ada di museum ini antara lain Lady Diana, Ratu Elizabeth II, Albert Einstein, David Beckham, Mohammad Ali, Michael Jackson, Madona, Elizabeth Taylor, Bruce Lee, Justin Bieber, Brad Pitt, Angelina Jollie, George Clooney, Nicole Kidman,  Tom Cruise, dan lain-lain.

Sebuah tiruan ruang kerja Barack Obama yang dikenal dengan Oval Office menjadi spot favorite bagi para pengunjung. Aku juga tak melewatkan kesempatan duduk narsis di meja kerjanya, berfoto bersama Barack dan Michelle Obama.

Di Oval Office bersama Michelle dan Barack Obama

Bagi pengunjung yang tak membawa kamera, di beberapa tempat ada photographer yang bisa diminta mengambilkan gambar. Bila hasilnya dinilai bagus, fotonya bisa dicetak dengan biaya 200-500 Baht tergantung ukuran foto.

Sebuah setting acara talkshow Oprah Winfrey yang dibuat sedemikian rupa
sehingga pengunjung bisa bergaya seolah-olah tengah di wawancarai Oprah

 Ada dua patung lilin yang lama sekali kupandangi karena terpesona akan kesan “hidup”nya. Angelina Jollie, bintang yang kukagumi akting dan kecantikannya benar-benar membuatku terpesona. Tubuh langsingnya bagaikan Barbie, dengan kulit halus dan wajah yang sedap dipandang. Demikian juga dengan Nicole Kidman. Ekspresi wajah, mata biru dan semua detail yang ada pada patung itu begitu nyata, seolah aku berhadapan dengan tokoh aslinya.

Angelina Jollie

Nicole Kidman

Pencahayaan yang tepat. Itu salah satu faktor yang  membantu  penampakan patung-patung lilin seolah hidup. Bukan hanya itu, tentu saja.  Tahapan  pembuatan patung   yang  satu unitnya bisa menghabiskan biaya sekitar 2-3 milliar Rupiah itu telah melalui  pengukuran yang cermat, pemahatan  yang sangat detail, pencetakan yang rumit dan sentuhan telaten.  Tak heran  sosok patung terlihat begitu hidup.


Di museum ini terdapat toko souvenir yang menjual berbagai pernik unik dan cantik khas Madame Tussauds Bangkok berupa gantungan kunci, kaos dan lain lain dengan harga   puluhan hingga ratusan Baht.
Gerai Wax Hand Dip

Ada satu lagi yang menarik. Terdapat sebuah gerai “ Wax Hand Dip”  dimana pengunjung bisa membuat souvenir  patung lilin berbentuk tangannya sendiri.

Secara keseluruhan, museum ini mampu memuaskan rasa ingin tahu pengunjungnya akan sosok fisik idola mereka. Setidaknya bisa memandangi, dan berdekatan dengan tokoh-tokoh itu cukup membuat terhibur. Karena itulah, museum Madame Tussauds  termasuk salah satu obyek yang diminati wisatawan yang mengunjungi Thailand.

Kapan lagi bisa memeluk presiden Soekarno, bercanda dengan Oprah Winfery, ngobrol dengan Barack Obama, membelai pipi Angelina Jollie,  dan menggamit lengan Tom Cruise kalau bukan di Madame Tussauds?


10 komentar:

bukanbocahbiasa mengatakan...

Duh mak. Aku jadi pengin ke Bangkok nih. Demi sekedar ketemu bareng Pak Karno *fans garis keras, hahahah*

Dewi Sutedja mengatakan...

@bukan bocah biasa..ayok ke Bangkok.. Bung Karno menunggumu..hehe

Niar Ningrum mengatakan...

wah asyik yaa mbak bisa main2 kesono, ada pak sukarno juga yaa kan, eeh mau dong foto sama angelina jolie kok bisa mulus bingit yaa :D

Mira Sahid mengatakan...

Wedew, mirip banget sama asliny, malah terlihat sama. Jadi pengin ke sana, mak. Nabung ah

Dewi Sutedja mengatakan...

@Niar Ningrum iya, angelina jollie cantik banget...perawatan wajah dan tubuhnya poool...selebriti dunia gitu lho. hehehe...

Dewi Sutedja mengatakan...

@Mira Sahid ...Iya Mak. Nabung yg rajin yuk... terimakasih sudah mampir, Mak...

Bunda Shidqi mengatakan...

ya ampuun seru bangeeet.. iya liat yg jolie dan.nicole kaya asli banget.. beruntungnya teh julie nih bisa keliling2 hihi

weningts mengatakan...

Duuuh, jadi kepingiiinnn! Nabung dulu aahhh

widyanti yuliandari mengatakan...

Astaga, Mbak Jolie mirip bener.... bibir seksehnya itu looo...

momtraveler mengatakan...

ya ampyuuunn kok bisa mirip banget gitu ya mbak. Terpesona sekaligus ngerii :P