Rabu, 09 Juli 2014

Martabak Telur Bumbu Kari


Bulan Ramadhan seperti ini emak-emak kayak aku suka pusing mencari alternatif menu yang cocok untuk buka puasa ataupun sahur. Anak-anakku tak terlalu suka makan nasi. Mereka  suka menu bervariasi. 
Karena itulah, menu martabak telur ini dijadikan pilihan untuk mengganti nasi. Selain mengenyangkan, rasanya yang kaya bumbu pun membangkitkan selera.
Martabak telur bumbu kari  hanya bisa dinikmati saat suami ada di rumah, karena masakan ini hasil kreasi aku dan suamiku. Suami yang bikin martabaknya, aku yang membuat bumbu karinya.

Ini dia resepnya :

Bahan Martabak
Tepung Terigu 500 gr
Garam 1 sdm
Margarin 1 sdm
Air 300 ml
Telur 1 butir
Masako kaldu sapi 1 sachet

Bumbu dihaluskan
2 sdm ketumbar
6 buah cabai merah
12 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit
2 cm lengkuas
3 butir kemiri, sangrai
1 sdt merica bubuk

Bahan Kari
600 gr daging kambing
4 sdm minyak goreng
2 batang serai
4 lembar daun jeruk
4 sdm bumbu kari bubuk (Babas)
750 ml air
500 ml santan kental
500 gr kentang, rebus sampai lembut, tumbuk halus
4 butir kapulaga
3 butir pekak
4 cm kayu manis
Cengkih 4 butir
Garam secukupnya

Bahan Pelengkap
Irisan cabe hijau dicampur kecap asin
Acar mentimun

Cara Membuat Martabak
Campur semua bahan menjadi satu dalam wadah, uleni sampai kalis. Tutup wadah dengan lap basah, diamkan selama satu jam. Bagi adonan menjadi  10 bagian, bentuk bulat dan padatkan satu persatu. Lumuri dengan minyak, letakkan di wadah tertutup, diamkan selama 1 jam.
Panaskan minyak untuk menggoreng di kuali datar dengan api kecil. Ambil satu adonan kulit martabak, kemudian banting-banting adonan hingga menjadi tipis dan lebar. Letakkan dua butir telur di tengah adonan, lalu lipat adonan dengan rapi. Angkat dengan cepat dan hati-hati, masukkan dalam kuali dan goreng hingga matang.

Cara Membuat Kari
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun-daun, pekak, kayu manis, kapulaga, aduk hingga harum. Tambahkan bumbu kari Babas, kemudian aduk.  Masukkan daging kambing, aduk hingga berubah warna, tuangi air, masak hingga daging kambing empuk dan air tinggal sedikit. Masukkan santan kental, garam dan penyedap. Selanjutnya aduk-aduk supaya santan tidak pecah, hingga mendidih. Masukkan kentang yang sudah ditumbuk halus, masak hingga mendidih dan kental.
 Cara Menyajikan

Potong-potong martabak menjadi 6 bagian, letakkan di atas piring datar.  Siram dengan kari kambing. Hidangkan dengan pelengkapnya. Santap selagi hangat.

Resepku ini pernah di muat di majalah


3 komentar:

Christanty Putriarty mengatakan...

Waaah senengnya mba bisa dimuat di majalah..keren bingit itu namanya :)

Dewi Sutedja mengatakan...

@Christanty Putriarty hehehe..

lia heliana mengatakan...

Hi hi ayuuuu pinter banget