Senin, 28 November 2016

Wisata Murah ke Raja Ampat, Bagaimana Caranya?



Saat akan pergi berwisata ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi, apa yang paling Anda khawatirkan? Setiap orang mungkin akan memiliki jawaban yang berbeda-beda. Ada yang menghawatirkan soal transportasi, ada yang khawatir tersesat, atau, tidak sedikit juga yang menghawatirkan soal biaya.
Namun saat ini, berwisata tidak lagi harus membuat Anda khawatir, karena biaya transportasi semakin murah, pilihan moda transportasi semakin beragam. Setali tiga uang, sarana prasarana dan akomoasi seperti hotel di berbagai destinasi wisata Indonesia sudah semakin memadai. Contohnya jika Anda ingin ke Papua.

 Raja Ampat - Indonesia.travel

Ada banyak destinasi wisata menarik di Papua salah satunya adalah wisata Raja Ampat. Berwisata ke Raja Ampat membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di Indonesia, Papua adalah destinasi wisata yang terkenal mahal karena lokasinya yang jauh dari Pulau Jawa. Bahkan untuk sekelas backpacker sekalipun, setidaknya mereka harus menyiapkan uang lebih dari Rp5.000.000.
Ya, itu bukanlah biaya yang murah. Biaya tersebut tentu saja adalah biaya transportasi pulang pergi dengan menggunakan kapal laut dan mengambil kelas ekonomi. Ditambah dengan biaya menginap dan makan, dengan jumlah uang segitu, mungkin Anda hanya akan berwisata di sana beberapa hari saja.
Tapi inilah Raja Ampat. Salah satu destinasi wisata paling diimpikan oleh hampir semua traveller baik yang berasal dari Indonesia atau yang berasal dari luar negeri.
Lokasi Raja Ampat berada di Papua Barat. Dinobatkan sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di Indonesia dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.
Atraksi utama di tempat ini adalah aneka ragam biota laut dan terumbu karang yang memukau. Berwisata ke Raja Ampat semakin terasa sempurna karena panorama alam di darat juga tidak kalah mempesona dibandingkan dengan pemandangan bawah lautnya.
Di Raja Ampat, ada banyak pantai-pantai indah peserta pulau-pulau tak berpenghuni yang mampu menghadirkan pengalaman wisata tak terlupakan.
Bagi Anda yang tidak tertarik pergi berwisata ke Raja Ampat dengan menggunakan transportasi laut karena berbagai alasan, misalnya karena lama perjalanan, atau mungkin tidak tahan dengan gelombang. Maka satu-satunya pilihan untuk sampai di Raja Ampat adalah dengan menggunakan pesawat.
 Kapal Pelni ke Papua - Kreasitekno.co
Jika ingin berwisata ke Raja Ampat dengan biaya semurah mungkin, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

Cari tiket pesawat murah

Terbang ke Raja Ampat, jika Anda berasal dari Pulau Jawa, misalnya dari Jakarta, harga tiket pesawat untuk kelas ekonomi minimal 3 jutaan (pulang-pergi).
Jika ingin mendapat tiket pesawat yang lebih murah, mau tidak mau Anda harus mencoba mencari promo tiket murah, hindari mencari tiket pesawat di akhir pekan, atau cobalah untuk tidak bepergian pada saat high season.
Saat membeli tiket pesawat, Anda disarankan untuk membeli tiket pesawat PP (pulang pergi) untuk menghindari jika sewaktu-waktu harga tiket pesawat melambung.

 Tiket pesawat murah - Tremontgrand.com
Kemudian, manfaatkan ojek sebagai transportasi utama saat berada di Papua.
Sejak dahulu, harga bahan bakar seperti bensin di belahan Timur Indonesia memang sangat mahal. Bisa mencapai dua atau tiga kali lipat. Sehingga transportasi di sana juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan transportasi di Pulau Jawa.
Jika ingin berhemat, angkot atau ojek bisa menjadi salah satu pilihan untuk pergi ke berbagai tempat dengan biaya murah. Pilihan transportasi ini sangat cocok jika Anda berwisata sendirian.

Menyewa kendaraan

Jika sampai di Sorong pagi atau siang, maka Anda bisa langsung pergi ke pelabuhan untuk membeli tiket menyeberang ke Raja Ampat. Namun jika Anda sampai di sore hari, tidak perlu khawatir karena di sekitar bandara ada banyak pilihan hotel sebagai tempat untuk menginap.
Jika Anda berwisata bersama teman-teman, misalnya antara 4 atau 5 orang, menyewa kendaraan roda empat adalah pilihan tepat di Papua, biaya sewa kendaraan tidak jauh berbeda dengan di Pulau Jawa.
Ojek maupun kendaraan sewaan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pergi dari pelabuhan atau dari bandara menuju ke pelabuhan Sorong.
Dari pelabuhan Sorong, perjalanan menuju Raja Ampat bisa dilanjutkan dengan menggunakan perahu cepat. Tiket kapal per orang biasanya sekitar Rp130.000-Rp150.000 dan akan berangkat pukul 14.00 waktu setempat. Dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Mencari penginapan murah saat berlibur ke Raja Ampat

Tentu aja banyak hotel di Papua, namun jika ingin mencari penginapan murah, Anda dianjurkan untuk mencari homestay. Dibandingkan dengan menginap di sekitar Waisai, mencari homestay di Raja Ampat lebih direkomendasikan karena biayanya lebih murah hingga 60%.

Patungan untuk biaya perahu

Di Raja Ampat, ada banyak spot-spot penyelaman favorit wisatawan, diantaranya adalah Wayag, Mansuar, Gam, Manta Point, dll. Jika ingin pergi ke tempat-tempat tersebut, wisatawan harus menyewa perahu atau speed boat. Biaya sewa sangat bervariasi mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp10.000.000.
Agar lebih murah, jangan malu-malu bertanya kepada pemilik homestay atau pemilik tempat Anda menginap. Tanyakan mengenai ketersediaan kapal dan apakah Anda bisa patungan dengan beberapa wisatawan lain yang juga memiliki tujuan wisata sama?

Tips pergi berwisata ke Raja Ampat


  •   Jika memilih moda transportasi laut untuk pergi ke Raja Ampat, hindarilah berwisata ke sana antara bulan Juni hingga bulan September, karena ombak laut cukup besar. Lebih-lebih bagi Anda yang tidak tahan dengan gelombang, sebaiknya menghindari bulan-bulan tersebut.
  • Sebisa mungkin, carilah penerbangan yang sampai di Sorong sebelum setengah hari, agar bisa langsung menyeberang dengan menggunakan kapal cepat pada pukul 14.00.
  • Di sana, tidak banyak ATM yang bisa ditemukan, sehingga membawa uang cash sangat dianjurkan.

5 komentar:

rita asmaraningsih mengatakan...

Aku sudah sering mendengar keelokan alam Raja Ampat yang mempesona.. Sering berkhayal kapan bisa ke sana..

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Biayanya harus nabung lama nih kalau ke Raja Ampat. Tapi memang pemandangannya keren banget :)

Rika Verry Kurniawan mengatakan...

Wah mbak Juliana

Pengen juga aku ke raja ampat... Masih nabung dulu ini. Siapa tahu bisa kesana

Bunda Sugi mengatakan...

Wiih ... Raja Ampat. Pingin banget ke sana. Tapi mikir ongkosnya yang lumayan, apalagi anak masih kecil-kecil, tahan dulu dech.

iyahyuktravelling mengatakan...

Biayanya mehong ya mbak ke raja Ampat. Harus rajin nabung dulu nih. Tapi suailah, pemandangannya keren. Semoga ntar dapat sponsor bisa kesana #wkwkwk.. #maunya #gratisanmlu..