Senin, 28 September 2015

Pentingnya Kartu Nama

“Minta kartu namanya dong, Mbak.” Ucap pria itu setelah beberapa lama berbincang mengenai dunia kepenulisan.

Aku terdiam.

“Belum punya, Pak.” Jawabku sambil cengengesan. Ah, sebuah kesempatan pun terlewat.

“Kenapa tidak terpikir untuk membuat kartu nama ya? Padahal pria itu pemilik usaha penerbitan. Padahal tampaknya dia tertarik dengan kegiatan traveling yang aku lakukan. Siapa tahu  ini peluang  menerbitkan tulisanku.  Aduh, satu kesempatan lewat deh gara-gara tak punya kartu nama...”Sesalku dalam hati.



Beberapa kali aku bertemu dengan kenalan baru, baik di dalam maupun di luar negeri saat traveling. Banyak juga  yang meminta kartu nama tapi terpaksa kujawab dengan senyum malu. Terakhir punya kartu nama bertahun-tahun lalu ketika aku bekerja di sebuah perusahaan asing. Kartu nama itu pun dibuatkan oleh perusahaan.

“Buruan bikin kartu nama! Orang akan lebih menghargai, karena kesannya lebih profesional!” Begitulah pesan salah seorang sahabatku.

Kartu nama saat ini merupakan kebutuhan yang cukup penting terutama untuk menampilkan profil diri.  Meskipun saat ini  keberadaan smartphone makin meluas dan memasyarakat, tetap saja sederet nomor telepon tidaklah cukup  mempresentasikan profil diri, pekerjaan atau data unik lain yang mendukung branding seseorang.  

Menurutku, dalam setiap kesempatan bertemu orang selalu terbentang peluang untuk berbuat kebaikan. Kita tak pernah tahu kesempatan apa yang bisa terbangun dengan memberi sehelai kartu bertuliskan nama, nomor telepon, alamat rumah, alamat website dan media sosial. Bisa saja berawal dari situ akan tumbuh kerja sama, peluang usaha, peluang beramal, dan sederet aktivitas positif lainnya.

Pertemuan atau perkenalan dengan seseorang kadang hanya berlangsung beberapa menit saja. Ketika kita tahu bahwa orang yang baru dikenal memiliki potensi untuk bersinergi, seringkali waktu tak mengizinkan untuk mencatat nomor telepon, atau bertukar kontak. Karena itulah kartu nama menjadi solusi jitu mengatasi hal ini. Hanya dibutuhkan satu detik saja untuk menyerahkan kartu nama, lalu lihatlah kesempatan baik  apa yang akan terbentang.

Di zaman modern seperti ini tak perlu lagi repot datang ke percetakan untuk memesan kartu nama . Cukup lewat online. Lebih cepat, praktis dan efisien.  

Beberapa hari yang lalu, akhirnyaaa.... aku memesan kartu nama lewat Praktisprint Sesuai namanya, memang benar praktis adanya. Sudah tersedia berbagai pilihan disain kartu dengan berbagai tema. Bila ingin kartu dengan disain sendiri juga bisa, tinggal di upload. Respon cepat, dan harga tidak membuat kantong bolong.

Tak lama, kartunya jadi dan langsung dikirim ke alamat rumah. Ini dia hasilnya. Taraaaa...



7 komentar:

Gustyanita Pratiwi mengatakan...

lumayan buat kocok doorprise juga kartu nama

Maya Siswadi mengatakan...

Sayang kalau kesempatan terlewat yaa gara2 ga punya kartu nama :)

Winda Carmelita mengatakan...

Ah benar sekali mak. Aku orangnya parno kalo nggak bawa kartu nama company, kartu nama pribadi dan ID press hihihi

kornelius ginting mengatakan...

Kalau kita ketemu.. Minta satu ya... :)

Anonim mengatakan...

Test

Juliana Dewi mengatakan...

@Gustyanita Pratiwi : hehehe.. itu salah satu fungsi kartu nama ya

@Maya Siswadi : betul... kesempatan hilang, sakitnya tuh di sini :-)

@Winda Carmelita : Mulai sekarang aku juga mau parno kalo gak bawa kartu nama aah... hehe

@Kornelius Ginting : siaap... tukeran yaa

Fahmi (catperku.com) mengatakan...

kartu nama penting banget buat blogger, buat promosi misalnya :D