Selasa, 09 Juni 2015

Di Balik Layar Liputan Komunitas Pelangi

Pelangi bersama host Ray Utami

Sebagai makhluk sosial, manusia selalu ingin berteman, bersilaturrahmi, berjejaring dan berkolaborasi.  Pengalamanku bergaul dengan berbagai komunitas, mengajarkan aku untuk memilih komunitas yang positif.  Komunitas yang positif menurutku adalah komunitas yang mendukung anggotanya untuk berkembang, bertambah ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan membawa kepada kebaikan.


Sejak pindah ke Bogor, jumlah temanku makin bertambah. Sekitar setahun yang lalu, Teh Vina, salah seorang teman pengajian mengajak aku berkumpul di rumahnya. Di sana aku bertemu beberapa teman yang belum kukenal. Pertemuan itu berlangsung asyik, dan akhirnya tercetus ide untuk membuat sebuah komunitas baru untuk wadah kami  terus berkumpul. Komunitas itu diberi nama Pelangi.

Sejak awal komunitas ini unik, karena terdiri dari ibu-ibu dengan latar belakang  beragam. Ada yang berprofesi sebagai designer pakaian, penulis, pengusaha, penyedia jasa travel, suplier, pengrajin kain, pengrajin tas, pengrajin sepatu, hijab stylist, blogger, traveler, ibu rumah tangga, host TV, pemilik penerbitan, crafter, dan lain-lain. Semua berkumpul di sini dalam satu benang merah,  semangat menjaga silaturahmi, bersinergi dan berkegiatan untuk urusan dunia dan akhirat, 

Berbagi informasi, nasehat bijak, peluang sedekah, peluang usaha, pengetahuan, peluang memperoleh ilmu dan canda tawa selalu dilakukan lewat Whatsapps group. Setiap hari  para anggota saling menyapa. Minimal satu bulan sekali anggota pelangi berkumpul untuk mengadakan arisan. Guna arisan hanyalah sebagai “ alasan” untuk berkumpul dan silaturrahmi, karena inti dari komunitas Pelangi adalah menjaga silaturrahmi dan berbagi kebaikan.

Saling berkolaborasi. Itulah yang terjadi dalam sebuah komunitas positif. Contohnya, sang designer dengan pengrajin kain, lalu penulis dengan pemilik penerbitan, dan lain-lain . Para pengrajin membuka stand penjualan bersama-sama, dan saling mempromosikan produk teman-teman, berbagi dan menciptakan peluang usaha. Bukankah itu asyik?

Beberapa minggu lalu, salah seorang anggota Pelangi,  Indriya R Dani dihubungi oleh  MNC TV yang berniat meliput kegiatan Pelangi. Liputan itu  untuk mengisi acara Komunitas.Com yang akan tayang di bulan Ramadhan.

Pertemuan pertama dengan pihak MNC TV berlangsung di rumah Indriya R Dani. Pelangi yang diwakili ketuanya, Teh Vina Lucky Karim,  didampingi Indriya R Dani dan Juliana Dewi Kartikawati membicarakan  materi  acara bersama Mbak Ira, sang sutradara dari MNC TV. Inti  liputan yang akan dilaksanakan adalah menginspirasi, berbagi pengetahuan dan hal positif.

Sesaat setelah rapat koordinasi di Fish N Chef
Setelah disepakati point-point yang akan ditampilkan berserta teknis pelaksanaannya, diadakan rapat koordinasi yang berlangsung serius tapi santai penuh tawa di Cafe Fish N Chef. Meski tak dihadiri seluruh anggota Pelangi, hasil rapat menetapkan beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh masing-masing anggota. Hasil rapat di share di group Whatsapps dan semua anggota masing-masing mempunyai andil tugas dan tanggung jawab bersama. Seru..

Hari H pun datang. Tanggal 8 Juni 2015, jam 9 pagi Pelangi berkumpul di rumah Amelia April di kawasan Sentul. Sayang dua anggota Pelangi, Susi Gantina dan Tiktik Widyarman,  tidak bisa hadir. tapi yang hadir sudah cukup mewakili warna-warni komunitas ini.

Dandan sebelum syuting

Seru dan heboh mewarnai persiapan syuting. Anggota Pelangi dengan dress code warna-warni solid saling bantu memperbaiki penampilan dengan make-up dan gaya hijab. Rata-rata anggota Pelangi menyukai fashion dan pandai menggunakan make-up. Tapi salah satu anggota ,Mbak Hartin, datang dengan wajah polos, sehingga terlihat pucat. Akibatnya Mbak Hartin kena protes teman-teman, dan harus pasrah didandani Mbak Hany Razak. Hehehe...

Mbak Hartin didandani Mbak Hanny
Persiapan syuting
Syuting dimulai. Di bagian awal ada wawancara host Ray Utami dengan ketua Pelangi yang dilanjutkan dengan perkenalan satu persatu anggota Pelangi. Mereka adalah Vina Lucky Karim, Tety Murniati, Indriya R Dani, Aida Shafira, Hartin Rozaline, Juliana Dewi Kartikawati, Liza Yuwanti,  Amelia April, Harlinda Yunita, Dede Lemi, Hany Razak, Mira Cyqee, Trie Murni, Winda Krismoyo, Anty Lourentina, Lia Budi, Dewi Wulansari, Andini Kazol, Mom Icha, dan Enna Azhariyah.

 Sesaat sebelum  syuting dimulai

Action






Jeda sebelum segmen pengambilan gambar selanjutnya dimanfaatkan oleh Ray Utami untuk berbincang-bincang dengan anggota Pelangi. Dia mengagumi produk-produk karya Mbak Liza Yuwanti berupa sepatu dari bahan rajutan handmade dan mukena cantik berhias brokat halus. Ketika Mbak Lisa memberikan mukena itu untuk di endorse, Ray berterimakasih dan berseru senang. Jadi ikut senang melihatnya.

Host Ray Utami memamerkan mukena cantik karya Mbak Liza Yuwanti

Selanjutnya ada beberapa segmen. Mulai dari menampilkan karya-karya anggota Pelangi seperti buku karya Indriya R Dani, produk tas oleh Mira Cyqee, dan ada  langkah-langkah pengerjaan kerajinan tangan decoupage yang diperagakan oleh Vina dan Mira.

Indriya R dani dan bukunya Muslimah Cosmopolitan Lifestyle

Teh Vina dan Mira menampilkan produk-produk karya Pelangi

Amelia April dengan busana-busana rancangannya

 Teh Vina dan Mira dengan langkah-langkah pengerjaan kerajinan decoupage

Segmen selanjutnya ada tips untuk padu padan pakaian, trend busana muslim dan tips memilih busana muslim yang disampaikan oleh Amelia April didampingi Mbak Trie Murni.


Trend busana muslim, dan tips pemilihan busana muslim oleh Amelia April didampingi Mbak Trie Murni
Setelah makan siang  seru, nikmat  dengan hidangan aneka ragam  hasil “keroyokan” anggota Pelangi, dirangkai istirahat shalat dzuhur, syuting berlanjut.


Makan siang yang seru
Segmen berikutnya adalah tutorial hijab yang dibawakan oleh Tety Murniaty, sang hijab stylist. Rey Utami didandani dengan busana muslim dan beberapa gaya hijab praktis dan mudah dikenakan. Penampilan sang host berubah menjadi lebih cantik, elegan dengan busana muslim dan hijabnya.


Pemilihan busana muslim untuk host Ray Utami
Teh Tety Murniati mendandani Ray Utami dengan gaya hijab praktis, mudah dan cantik

Segmen terakhir adalah liputan kegiatan sosial  yang dipimpin Bunda Aida Shafira, berupa kunjungan ke panti asuhan Al Munawar di Jl. Haur Jaya, Bogor.


Pelangi setelah selesai melaksanakan kegiatan sosial
Alhamdulillah syuting berlangsung lancar, meski diwarnai udara panas dan sengat matahari yang garang. Acara ini Insha Allah padat penuh manfaat. Mau tahu bagaimana hasil liputannya? Tunggu penayangannya di MNC TV ya!

2 komentar:

flo mas mengatakan...

Sy suka pd bag ulasan ttg de coupage,hanya kadang para kreator de coupage menghadapi kesulitan jika mencari asesoris spt metal hook utk gantungan kunci atau cangkir, utk itu silakan kontak sy di 087835027791, smg be mid bagian Dr solusi, salam de coupage

Riska Rahayu mengatakan...

assalamualaikum..boleh minta contact person panti asuhan al munawar kah ?