Minggu, 26 April 2015

Resto Solo di Bogor




Tampak Muka Resto Solo
Sedang jalan-jalan di Bogor tapi ingin makan masakan Jawa? Jangan khawatir. Bogor menyediakan pilihan   wisata kuliner yang sangat beragam. Masakan Solo juga ada lho...

Aku dan teman-temanku tanggal 21 April 2015 lalu memilih lokasi berkumpul untuk arisan di sebuah rumah makan masakan Solo. Namanya Resto Solo. 


Resto ini terletak di Jalan Padjajaran Indah V no. R5 Bogor, tak jauh dari Rumah Sakit BMC. Bangunan resto berbentuk rumah joglo khas Jawa Tengah yang berdiri di atas lahan seluas 2000 m2. 

Denah lokasi Resto Solo

Memasuki resto ini, pengunjung seperti dibawa ke suasana kota Solo di masa lalu.  Ada becak dan sepeda tua terparkir di bagian depan berandanya. 



Suasana teras yang adem

Di teras terdapat bangku-bangku kayu dengan meja yang unik. Apa uniknya? Meja itu terbuat dari bekas mesin jahit  manual yang bagian bawahnya masih terdapat roda dan injakan untuk menggerakkan mesin. Hanya saja bagian atasnya di mana biasanya terdapat bagian mesin untuk menjahit sudah diganti dengan alas marmer membentuk meja yang cantik.

Meja unik dari mesin jahit jadul


Pernik-pernik di bagian dalam resto juga benuansa tradisional dan “jadul”.  Lukisan, lampu, kaleng krupuk, alas makan yang berlapis daun pisang, panci dan mug loreng, stoples kaca kuno, dan lain-lain. 

Lukisan  Punakawan

Suasana di dalam

Suasana bagian dalam dengan pernak-perniknya
Menu yang tersedia di sini antara lain nasi liwet, krecek, gudeg, ayam goreng,  urap, gado-gado dan lain-lain. 

Uniknya, untuk memesan makanan, pengunjung langsung menuju sebuah meja di mana semua menu “digelar” di sana. Seorang Mbak dan Mas langsung melayani pengunjung yang memilih lauk-lauk kesukaan mereka dan menempatkan makanan di atas wadah dari bambu berlapis daun pisang. 

Si Mbak dan Si Mas yang melayani pembeli

Pesanan langsung ditempatkan di wadah bambu berlapis daun pisang

Berbagai menu

Sayur ceker

Pilihan minuman ada es dawet, es degan, es pala, es blewah, es selasih, es jeruk, soda gembira, es lobi-lobi, wedang jahe, es cincau dan lain-lain.

Menu mkinuman

Menu makanan dan harga
Rasa masakan cukup enak. Nasi krecek dan gudegnya sedap. Sedangkan untuk minuman boleh dicoba es pala-nya. Es degan juga enak karena menggunakan gula merah, bukan gula pasir.

Urap

Nasi krecek

Nasi gudeg
Harga bagaimana? Cukup terjangkau.  Secara umum  resto ini bisa dijadikan pilihan bagi penduduk Bogor maupun wisatawan  untuk mengobati kangen pada masakan dan  suasana Solo, Jawa Tengah.

1 komentar:

paket wisata jogja mengatakan...

Tempat dan konsepnya bagus banget, bikin kangen dengan suasana solo jaman dulu.