Selasa, 03 Februari 2015

Manfaat Wakame

Tumis wakame
Ceritanya hari ini aku masak soup sea food buat anak-anak. Tapi entah karena  melamun atau  sedang tidak fokus, ternyata aku terlalu banyak merendam Wakame.

Ada yang belum tahu Wakame? Yang akrab dengan masakan Jepang dan Korea pasti sudah tahu. Wakame adalah sejenis rumput laut dari spesies Undaria pinnatifida yang hidup di peraian Jepang. Rumput laut ini umumnya digunakan sebagai sayuran hijau oleh masyarakat Jepang.

Wakame yang dikeringkan  dijual dalam kemasan plastik. Biasanya dijual di supermarket besar. Sebelum dimasak, wakame direndam selama beberapa saat dengan air biasa hingga mengembang.

Wakame kering, wakame segar dan wakame dalam kemasan


Wakame biasa digunakan dalam masakan sup dan salad. Rasa dan aromanya khas. Menurutku aromanya mengingatkan aku pada  laut. Rasanya segar dengan sedikit asin  khas rumput laut.Tekstur wakame juga khas, licin dan “kres-kres” saat dikunyah. Dalam masakan miso sup, wakame menjadi pelengkap bumbu yang menghasilkan paduan rasa khas miso sup.

Miso Sup

Kembali lagi ke dapurku. Wakame yang terlalu banyak ini tentu sayang bila dibuang. Akhirnya aku memutuskan menumis wakame dengan sedikit minyak zaitun, bawang putih dan bubuk cabai. Aku tak menambah garam karena wakame sudah mengandung garam.

Rasanya? Enak juga... Hehehe... dan yang jelas makan tumis wakame untuk makan siang ini membuat aku merasa  cepat kenyang. Kandungan seratnya yang tinggi membuat perut tak cepat lapar.

Kandungan gizi wakame sangat baik. Rumput laut ini memiliki kadar Kalsium, Iodin, Thiamin, Niacin yang tinggi. Tak heran di Korea sup ini banyak di konsumsi oleh wanita hamil dan menyusui karena kandungan Kalsium dan Iodin yang baik bagi pertumbuhan bayi.

Dalam pengobatan tradisional, wakame digunakan untuk membersihkan darah, memperbaiki pertumbuhan rambut dan kulit, menguatkan sistem pencernaan, baik untuk organ reproduksi dan membantu melancarkan datang bulan.

Manfaat lain wakame adalah sebagai salah satu makanan yang bisa mencegah penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, kanker dan obesitas. Yang sangat penting diketahui bagi teman-teman yang sedang diet adalah sebuah senyawa yang terkandung dalam wakame mampu  membantu pembakaran lemak. Wakame juga rendah lemak dan rendah kalori sehingga ideal  bagi orang yang  tengah menjalani   diet rendah lemak dan rendah kalori. Cihuy kan? Catat!

Begitu banyak manfaat yang terkandung dalam rumput laut ini bagi kesehatan. Karena itu mari kita sering-sering makan wakame!



2 komentar:

Nay mengatakan...

Dimana bisa beli wakame? Di carrefour atau supermarket lain kira kira ada ga ya?

Anonim mengatakan...

Klo (d Yogyakarta) q beli d mirota...harganya 29ribu...per kemasan...isinya bnyak