Kamis, 10 Juli 2014

Masjid Roosniah Al- Achmad

Masjid Roosniah Al Achmad

Sejak bulan Juni 2009 aku resmi menjadi warga Bogor dan tinggal di lingkungan perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR) . Saat itu satu-satunya tempat ibadah di lingkungan perumahan   adalah sebuah masjid kecil mungil yang terdapat di cluster Bukit Nirwana. Ukurannya yang mungil tak mampu menampung jamaah dalam jumlah banyak.

Tahun 2009  aku merayakan Idhul Fitri dan Idhul Adha di Bogor. Untuk shalat Id, warga perumahan  Bogor Nirwana Residence melaksanakannya di selasar Mall Jungle dan di pelataran ruko Nirwana Epicentrum.  Hal ini terus berlangsung hingga tahun 2010.Terasa sekali kebutuhan warga perumahan akan adanya masjid yang besar untuk menampung jamaah dalam jumlah banyak.

Akhirnya, kebutuhan akan tempat ibadah  yang memadai pun terpenuhi. Alhamdulillah,  hari Sabtu tanggal 30 Juli tahun 2011 sebuah masjid besar yang megah diresmikan oleh Ibunda pengusaha dan politikus Abu Rizal Bakrie.

Masjid itu diberi nama sesuai  nama Ibunda Abu Rizal Bakrie, yaitu Masjid Roosniah Al-Achmad.  Semoga pahala amal jariyah pendirian rumah Allah itu terus  mengalir untuk almarhumah Ibu Roosniah yang  wafat pada 20 Maret 2012.

Masjid cantik ini sekarang sering menjadi tempatku, teman-teman pengajian,   warga BNR  dan sekitarnya melaksanakan shalat, menimba ilmu agama,  dan melakukan kegiatan amal.

Misi dan visi  didirikannya masjid ini adalah untuk memberantas  tiga kebutaan, yaitu buta  terhadap pemahaman Al Qur’an, buta terhadap praktik ibadah dan buta akan ahlaqul karimah.

Berdiri kokoh diatas lahan seluas 7.000 meter persegi, masjid  berarsitektur modern berlantai dua  ini memiliki luas bangunan  1.650 meter persegi dan mampu menampung 2500 jamaah.

Di lantai pertama, terdapat ruang shalat yang luas.  Di   area  mimbar terdapat kaligrafi pada dinding yang terletak di sisi kiri dan kanan mimbar.  Ornamen ukiran bergaya modern  menghias mimbar dan pinggir atas dinding. Orname itu berwarna coklat senada dengan  tulisan kaligrafi .  Atap yang tinggi membuat ruangan terlihat megah dan  terasa lega.

Ruang Shalat lantai 1

Di sisi kiri dan kanan ruang shalat terdapat ruang serba guna. Untuk wanita, ruang serba guna terletak di bagian kiri ruang shalat . Ruang ini dilapisi karpet empuk  yang nyaman. Di ruang inilah  aku dan teman-temanku  dari majlis ta’lim Qoonitaat seringkali  membahas kajian agama Islam,  berdiskusi untuk penyelenggaraan acara  tausiyah dan kegiatan amal.
Detail ornamen pada pintu menuju ruang serbaguna

Lorong dimana terdapat ruang serbaguna

Di sebelah ruang serbaguna, terdapat tempat wudhu yang nyaman  dan toilet yang dilengkapi dengan wastafel.

Lantai dua adalah tempat shalat untuk wanita, atau bisa juga untuk jamaah pria pada saat shalat Jumat.  Di lantai dua ini terdapat void berbentuk zigzag dengan sudut 90 derajat, dipagari bahan kaca tembus pandang, hingga jamaah di atas bisa melihat ke bawah.
Ruang shalat lantai 2
Tangga

Di sisi kiri lantai dua terdapat juga Ruang Serbaguna, Ruang DKM, Ruang Rapat, Ruang Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) , Ruang Guru, Ruang Bendahara dan Perpustakaan. Di bagian belakang samping masjid terdapat area parkir dan children play ground.
Children play ground

Masjid cantik ini adalah hasil rancangan arsitek Achmad Noeman dan putranya Fauzan Noeman. Kabarnya dana pembangunan masjid menelan biaya sebanyak 10 milyar rupiah.

Dari luar masjid ini tampak unik dengan bentuk kubah yang tidak umum. Kubah masjid bergaya futuristik dengan bentuk bagian luar seperti akan mekar merekah. Kesan merekah itu didapat dari perpaduan  material yang dipakai, yaitu batu bata merah berbentuk kelopak  sementara di sela-selanya terdapat kaca berwarna keemasan tersusun menumpuk bagai lempeng baja. Bagian dalam kubah tersusun dari kaca patri berwarna-warni  disambung dengan rangka berwarna emas.
Bagian dalam kubah

Kehadiran masjid ini membawa kesejukan dan kenyamanan bagi warga muslim yang tinggal di BNR dan sekitarnya. Mudah-mudahan masjid Roosniah Al-Achmad  bisa menjadi  Islamic Center yang berperan untuk membangun qualitas keimanan warga muslim, sesuai dengan visi dan misi pembangunan masjid ini.


Tidak ada komentar: