Jumat, 04 Juli 2014

Info Tempat Makan di Bogor : Padjajaran Tom Yum


Menyandang peran sebagai kota wisata, Bogor didukung   keragaman kulinernya. Sangat banyak tempat makan yang tersebar di Bogor, dari kelas emperan, warung tenda hingga rumah makan yang besar.

Banyak rumah makan yang menawarkan menu Sunda, tapi bila ingin rasa yang berbeda misalnya menu masakan Thailand yang menggoda, rumah makan Padjajaran Tomyam bisa menjadi salah satu alternatif. Aku dan keluarga menikmati makan malam di resto ini   beberapa waktu yang lalu.

Suasana cozy langsung menyambut ketika kami memasuki ruangan resto yang terletak  di Jl. Pajajaran Indah Raya No. 9, Bogor, dekat perumahan Villa Duta.  Kami disambut pelayan yang tersenyum dan menanyakan ada berapa orang yang akan makan. Kemudian aku memilih tempat duduk yang nyaman di sudut ruangan.

Makanan yang tertera di daftar menu ditulis menggunakan bahasa Inggris. Misalnya  deep fried enoki, deep fried spring roll with salty egg, smoked chicken mayonaise, dll.


 Ada cukup banyak pilihan makanan di daftar menu. Malam itu kami memilih  deep fried enoki (jamur enoki goreng tepung), wrap chicken in pandan leaves (ayam goreng daun pandan), deep-fried duck with oyster sauce (bebek goreng saus tiram), tom yum talay ( tom yum seafood), deep-fried fish ( Ikan gurame goreng garing), dan pineapple fried rice ( nasi goreng nanas). Untuk minuman kami memilih jus melon, air mineral, dan  teh panas.

Deep-fried Enoki
Tak terlalu lama, pesanan pun datang. Mula-mula deep fried enoki atau jamur goreng tepung. Rasanya lumayan enak, garing dan renyah. Lebih enak bila jamur ini dimakan dengan cocolan sambel yang rasanya asam pedas.
Tom Yum Talay

Lalu tom yum talay, atau tom yum seafood. Berbeda dengan tom yum yang aku nikmati di Thailand, tom yum talay ini rasanya mirip kari. Sepertinya ditambahkan santan ke dalam kuahnya hingga terasa berlemak. Isinya ada cumi, potongan daging ikan, kerang hijau, dan udang. Bumbu-bumbunya diiris tipis, sehingga harus hati-hati saat memakannya, kalau tidak bisa tergigit lengkuas atau jahe.  Kalau dibandingkan, aku lebih suka tom yum yang aku nikmati di Thailand. Terasa lebih segar, tanpa lemak dari santan.

Wrap Chicken Pandan Leaves

Wrap chicken pandan leaves atau ayam goreng bungkus daun  pandannya enak. Daging ayamnya lembut, berpadu bumbu dan aroma pandan yang wangi, sukses membangkitkan selera.

Deep-fried Fish

Deep-fried fish yang kami pilih adalah ikan gurame. Menu ini terasa standard saja. Sama seperti ikan goreng garing yang sering dijumpai pada rumah makan masakan Sunda.

Pineapple Fried Rice

Pineapple fried rice (nasi goreng  nanas) sesuai namanya,  nasi goreng disajikan unik dalam buah nanas yang dijadikan wadah. Warna nasinya kuning, bertabur potongan nanas dengan toping biji jambu mete goreng. Pelengkapnya adalah 2 potong udang goreng berbalut tepung. Rasa nasinya kurang spicy, yang menonjol adalah rasa nanasnya.

Deep-fried duck with Oyster Sauce

Yang paling enak dalam menu pilihan kami malam itu adalah deep-fried duck with oyster sauce atau bebek goreng saus tiram.  Bebek goreng itu di sajikan dengan jamur dan irisan kailan. Rasanya gurih, daging bebeknya lembut dan bumbunya pas.
Dessert


Menu-menu pilihan itu membuat kami kekenyangan. Setelah beberapa saat, ketika meja selesai dibersihkan oleh pelayan, dessert pun disajikan dalam mangkuk kecil berwarna putih. Kuahnya dari santan, terasa manis dan segar  dengan potongan es batu. Yang istimewa dari dessert itu adalah isinya. Bentuknya seperti sagu mutiara berwarna merah, tapi rasanya  tak sama. Butiran merah itu renyah, cita rasanya seperti pepaya tapi terasa "kres-kres" unik.

Bagaimana dengan harga?  Aku yang datang bersama suami dan tiga anakku membayar sekitar lima ratus ribuan untuk menu makanan dan minuman yang kami pesan.


Secara keseluruhan, resto ini nyaman. Pelayanannya pun cukup baik.  Mungkin kami akan datang ke sini lagi ke sini di lain waktu, untuk mencoba menu-menu lainnya.

6 komentar:

Tatit mengatakan...

Waaaah nyesel pas liburan akhir tahun aku nginap di Bogor 2 hari nggak nyamperin tempat ini.Cuman sempat ke kebun raya :(

Juliana Dewi Kartikawati mengatakan...

@Tatit : berarti harus liburan ke Bogor lagi dong... yuuuk! hehe

Lidya Fitrian mengatakan...

tom yamnya seger banget kelihatannya mbak

Juliana Dewi Kartikawati mengatakan...

@Lidya - Mama Cal-Vin Tom yum nya sedikit berbeda dari yang biasa, kayaknya pake santan, jadi agak mirip kari

Dewi Rieka mengatakan...

dekat rumahku ni mba..rumah ortu ding, di BSI :)

Juliana Dewi Kartikawati mengatakan...

@Dewi Rieka oo.. iya.. orang tuamu di Bogor ya. Bereti kapan-kapan kita bisa ketemuan dong pas dirimu ke Bogor